MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
Lapangan Gas JTB; Serap 6.000 Pekerja

Jakarta, Kabarindo- Proyek pengembangan lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB) akan memiliki efek berganda bagi masyarakat setempat dengan menyerap sekitar 6.000 pekerja lokal pada masa puncak proyek.


Keppel Land; Siap Bangun Apartemen Mewah

Jakarta, Kabarindo- Keppel Land Limited (Keppel Land) melalui anak perusahaannya, PT Sukses Manis Tangguh, telah menandatangani kesepakatan jual beli lahan dengan Bank Central Asia untuk mengakuisisi lahan


Perusahaan Asal Jiangsu; Gerakkan 24 Proyek

Nanjing, China, Kabarindo- Perusahaan-perusahaan asal Provinsi Jiangsu, China, menjalankan 24 usaha di Indonesia dengan nilai investasi sebagian proyek yang sedang berjalan sejumlah 32 miliar dolar AS.


PusbangPerfilman Fasilitasi Komunitas Film Kupang; Film Nokas Raih Apresiasi Di Ajang BIFF 2017

Lippo Kota Mall, Kuta, Denpasar Bali, Kabarindo- Tidak hanya warga Kota Makassar yang berbangga dengan film kearifan lokalnya berjudul Uang Panai yang berseloroh tentang bagaimana tidak mudahnya