MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
Frisian Flag Indonesia; Rilis Kemasan Kartun Komik

Jakarta, Kabarindo- Frisian Flag Indonesia (FFI) pada hari ini secara resmi meluncurkan kemasan produk susu siap minumnya yang menampilkan karakter-karakter ternama dari Disney yaitu Mickey & Friends,


DKI Jakarta; Punya Etno Wellness TangasBetawi

Hotel The Hermitage Cilacap, Menteng, Jakarta, Kabarindo- Anda pasti bertanya-tanya ? Apa dan bagaimana ?

Yah, warga ibukota punya hotel beda dan unik satu lagi di


Mendag Rahmat Gobel; Siap Lakukan Efisiensi Untuk Genjot Ekspor

Meeting Room Lantai 5, Gedung Utama, Kemendag, Jakarta, Kabarindo- Ada tradisi doorstop atau jurnalis ketemu pejabat Kemendag tiap Jumat termasuk Menteri.

Itu pun berlaku dan ini


Dubes Australia; Sambangi Indonesia Timur

Jakarta, Kabarindo- Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty.

Ia mengawali kunjungan ke Indonesia Timur hari ini ke Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan ini memperkukuh hubungan bersejarah