MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
NTB Jadi The Rising Star; Bagi Wisatawan Korea

Mataram, Kabarindo- Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Taiyoung.

Ia menyebut jika Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi destinasi "the rising star" bagi orang-orang Korea.


Bubur Pedas Asal Langkat; Menu Khas Berbuka Puasa

Langkat, Sumut, Kabarindo - Bubur pedas menjadi makanan khas menyambut buka puasa di  Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Pengelola Rasjid Raya Stabat Haji Ibnu Kasir di Stabat,


Imam Besar Mesir; Kagumi Tarawih Di NTB

Mataram, Kabarindo- Imam besar dari Mesir Syaikh Ezzat Sayyid, mengaku terkesan dan mengagumi kekhusyukan beribadah umat Islam di Nusa Tenggara Barat.

"Saya merasa nyaman dengan keadaan


Warga Asal Indonesia; Jadi Muadzin Masjid Gold Coast Australia

Jakarta, Kabarindo- Masjid Gold Coast, Queensland, Australia, yang berdiri di 144 Allied Drive, Arundel, mempercayai seruan pemanggil jamaah untuk salat lima waktu pada muadzin yang berasal dari