MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
Go Togean 2017; Berwisata Di Garis Khatulistiwa

Bandara Mutiara Sis-Al Jufry, Palu, Sulawesi Tengah, Kabarindo- Pantas saja tagar #SulTengSapaDunia pasca event nasional Gerhana Matahari Total -GMT 2016 lalu makin menguat dan jadi tagar favorit


Sudah Coba 3 Skinny Minnies ? Makan Sehat Jadi Lebih Mudah

Jakarta, Kabarindo- Gaya hidup sehat kini semakin populer di masyarakat Indonesia. Selain menjadi tren, hal ini  didukung dengan mulai tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.


Bakamla RI Gandeng Japan Coast Guard; Perkuat Kerjasama

Jakarta, Kabarindo- Menindaklanjuti hasil bilateral meeting yang berlangsung antara Bakamla RI dengan Japan Coast Guard (JCG) pada pertemuan Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) ke-12 pada 13-14


GEM 09 Desember Mendatang; Siap Luncurkan Ajang Pencarian Bakat Menyanyi Se-Asia

Jakarta, Kabarindo– Saluran hiburan Asia, GEM, menyelenggarakan pendaftaran secara online untuk mencari individu bertalenta di Asia yang dapat bernyanyi dalam Bahasa Jepang. Pemenang dari ajang pencarian bakat