MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
LEILA SAFIRA Gantikan Ni Luh Sekar; Jadi Chief Community Officer DEWI

Jakarta, Kabarindo- Femina Group hari ini mengumumkan perubahan penting di brand lifestyle terkemuka di industri fashion, Dewi.

Leila Safira ditunjuk untuk menduduki posisi Chief Community


Sekjen PMI Ajang Dubes Amerika Untuk Indonesia; Tanam Pohon Bakau

Jakarta, Kabarindo- Hari ini 5 Maret 2015, Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O. Blake dan Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), dr. Ritola Tasmaya, MPH menanam


Mega Bazaar 2015 Makassar; Marak Pengunjung

Makassar, Kabarindo- Mengusung pameran Technology dan Entertainment terbesar di awal tahun 2015 ini, PT. Dyandra Promosindo menggelar pameran bertajuk Mega Bazaar 2015, Technology dan Entertainment dengan tagline


Boyzone 2015; Siap Konser Lagi Di Jakarta

Jakarta, Kabarindo - Grup musik boyband Boyzone, berencana akan tampil di Jakarta pada 22 Mei 2015 mendatang.

Konser bertajuk “BOYZONE; BACK AGAIN NO MATTER WHAT” yang