MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
Kabupaten Tana Toraja; Siap Punya Bandara Buntu Kuni

Toraja, Sulawesi Selatan, Kabarindo- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo.

Ia berharap, pekerjaan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Perintis Buntu Kuni di Kecamatan Mangkendek, Kabupaten Tana


Donor Darah Taruna Merah Putih; Serentak Di 25 Kota

Jakarta, Kabarindo- Sekitar 15 ribu warga di 25 kota di Indonesia mendonorkan darah melalui acara Donor Darah Taruna Merah Putih.

"Kebutuhan darah besar, ini soal demand


Muda, Cantik & Menarik; Ayo Pilih Perawatan Tepat & Busana Serasi

Surabaya, Kabarindo- Demi tampil cantik, banyak wanita selalu merawat kulit dan wajah dengan berbagai cara dan rela mengeluarkan biaya mahal.

Mereka juga melengkapi dengan busana


Kini Bisa Mengakses XL Internet Cepat 4G LTE; Di Bali

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. terus memperluas jaringan layanan internet cepat 4G LTE guna ikut mendorong percepatan pembangunan di berbagai daerah di Indonesia.
 
Setelah di