MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
IIMS 2015; Bersama 50 Brand Mobil & Motor

Jakarta, Kabarindo- Hajatan akbar dunia otomotif untuk pelaku bisnis, konsumen, pehobi dan masyarakat umum.

Seperti itulah wajah baru Indonesia International Motor Show 2015 di JIExpo


Pameran Lukisan Abstrak SOULSCAPE IN PROGRESS #2; Mulai Di Gelar BESOK

Jakarta, Kabarindo- Sejak diproklamasikannya Manifesto Abstrak Jakarta pada tanggal 17 Juni 2005 oleh pelukis abstrak Jakarta.

Melibatkan jugaJaksa Agung serta beberapa praktisi hukum, sebagai pecinta seni


Kementan RI; Siapkan Subsidi Asuransi Usaha Tani Padi

Yogyakarta, Kabarindo- Kementerian Pertanian menyiapkan subsidi asuransi usaha tani padi untuk musim tanam Oktober 2015-Maret 2016 sebesar Rp150 miliar untuk lahan seluas satu juta hektare.

"Petani


Toyota Ikut IIMS 2015; Targetkan Penjualan 250 Unit Mobil

Jakarta, Kabarindo- Toyota melalui salah satu dealer utamanya, Astrido, menargetkan penjualan sebanyak 250 unit mobil pada ajang pameran otomotif terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung