MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
La Academia Junior Indonesia 2; Cari Bakat Terbaik Di Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Setelah sukses menggelar ajang La Academia Junior Indonesia pada 2014 lalu, SCTV kembali menghadirkan La Academia Junior Indonesia 2.

Audisi digelar di Yogyakarta, Medan,


Prof Sarlito Punya Buku Baru; Sociophrenia

Philip Kotler Theater Mark Plus, Gedung 88, Kasablanka, Jakarta, Kabarindo- Keberuntungan sosok humanis bernama lengkap Sarlito Wirawan Sarwono (72) yang kerap disapa mas Ito.

Guru besar


Masak Seru Inf˛rma; Persembahan WMF

Kokas, Jakarta, Kabarindo- Infòrma sebagai pusat belanja lifestyle furnishings masa kini menggelar acara demo memasak di Mall Kota Kasablanka bersama Chef ternama Stephan Zoisi yang berasal dari


Sean Gelael; Berhasil Finish Ke Delapan

Jakarta, Kabarindo- Pebalap Indonesia Sean Gelael berhasil meraih poin perdananya di Kejuaraan Formula Renault 3.5 di Monaco Grand Prix.

Setelah secara luar biasa mampu finish di