MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
Sheila Majid; Sambangi Lagi Kota Bandung

Bandung, Kabarindo- Perempuan penyanyi asal Malaysia, Sheila Majid.

Ia segera menyapa penggemarnya di Kota Bandung, Jawa Barat, dengan menggelar konser bertajuk "Precious Moment with Sheila Majid"


Indonesia Sambut ASUS Vivo AiO V230IC; Awesome!

Jakarta, Kabarindo- ASUS kembali menghadirkan perangkat komputasi terbarunya di pasaran Indonesia.

Tak melupakan segmen komputasi desktop, varian terbaru yang disediakan untuk pengguna di Indonesia adalah ASUS Vivo AIO


Panglima TNI; Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-C/Minusca Car

Jakarta, Kabarindo- Tanamkan dalam diri setiap prajurit bahwa, setiap tugas pada hakekatnya adalah kehormatan, kebanggaan dan harga diri, laksanakan setiap tugas dengan penuh disiplin, dedikasi dan loyalitas.


Film "Athirah"; Jadi Potret Keluarga Indonesia

Senopati, Jakarta, Kabarindo- Sebuah film besutan Miles Films yang mengangkat kisah nyata perjuangan seorang ibu dari Wakil Presiden Republik Indonesia, H. Jusuf Kalla kemarin dinyatakan akan siap