MUI; Berharap Restoran Ajukan Sertifikasi Halal

Kontributor : Teks: Harry Samputro / Foto2: IsT

Pastikan Kehalalan Produk

Jakarta, Kabarindo- Majelis Ulama Indonesia mengimbau restoran atau rumah makan yang belum bersertifikasi halal agar segera mengajukan sertifikasi halal untuk melindungi konsumen muslim yang selama ini menjadi pelanggan.

"Tidak adil apabila restoran tersebut mengambil keuntungan dari konsumen muslim, namun mereka tidak menjamin kehalalan produk yang dijual," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh di Jakarta, Rabu siang tadi seperti dilansir dari laman antaranews.

Ni`am mengatakan, pada dasarnya MUI tidak dapat melakukan pemaksaan terhadap restoran agar memiliki sertifikat halal, karena tidak ada payung hukum yang mewajibkannya, namun hal tersebut dipandang sebagai tanggungjawab produsen kepada konsumen muslimnya.

Menurut Ni'am, beredar informasi melalui pesan blackberry dan media sosial yang mengatakan bahwa beberapa restoran terkenal di Indonesia belum memiliki sertifikat halal

Ni'am membenarkan bahwa restoran-restoran tersebut belum ada yang mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Lukmanul Hakim menyatakan bahwa MUI belum pernah mengeluarkan sertifikat haram terhadap produk tertentu, sehingga apabila kabar yang bederedar menyatakan bahwa restoran tersebut dinyatakan haram oleh MUI, maka hal tersebut tidak benar.

"Restoran seperti Solaria, Bread Talk, Roti Boy, Baskin Robbins, Coffee Bean dan J.Co memang belum mengajukan sertifikasi halal. Namun kami juga belum pernah mengeluarkan sertifikat haram bagi produk manapun," ujar Lukman.

Untuk itu, Lukman mengimbau agar restoran tersebut mengajukan sertifikasi halal ke MUI, sehingga masyarakat muslim dapat semakin yakin bahwa makanan yang mereka beli berasal dari bahan dan proses yang suci.








 











Berita Lainnya
Bio-Oil Gandeng Brawijaya Women and Children Hospital (BWCH); Berbagi Informasi Seputar Kesehatan

Jakarta, Kabarindo- Sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan wanita Indonesia, Bio-Oil bersama Brawijaya Women and Children Hospital (BWCH) menyelenggarakan talkshow dengan tema “Happy Skin, Healthy Pregnancy”,


Bappebti Terbitkan Paket Kebijakan; Ciptakan Integritas PBK Jakarta

Jakarta, Kabarindo- Kementerian Perdagangan di bawah Menteri Perdagangan Rachmat Gobel terus tampil menggebrak.

Kali ini, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menerbitkan paket kebijakan di


Satgas Pamtas RI-PNG; Gelar Bhakti Sosial

Jakarta, Kabarindo- Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Batalyon Infanteri (Yonif) 400/Raider bekerja sama dengan PT. Pertamina Jayapura menggelar Bhakti Sosial berupa pengobatan massal (Bedah, Gigi


Bader Merah; Ikan Asli Kali Surabaya Berhasil Dibudidayakan

Surabaya, Kabarindo- Pemerintah propinsi Jawa Timur berhasil membudidayakan Ikan bader nerah yang merupakan ikan asli Kali Surabaya.
 
Keberhasilan Dinas Perikanan dan Kelautan ini diungkap Lilia Widajatiningrum,