Kamidia Radisti; Punya Tips Jitu Untuk Bahasa Tubuh

Kontributor : Teks; Asrul Muchsen / Foto2: IsT

Agar Anda Bisa Disenangi Klien

Jakarta, Kabarindo- Bentuk visual, yang didalamnya terdapat penampilan, bahasa tubuh dan ekspresi wajah, merupakan penyumbang terbesar dalam unsur komunikasi manusia sebanyak 55%.

Sisanya baru didukung dengan vokal (38%) dan verbal (7%). Dengan begitu, bentuk visual harus dimaksimalkan bila kita ingin berhadapan dengan klien dan memberikan kesan yang baik.

Menurut Kamidia Radisti (Disti), Putri Indonesia 2007, bahasa tubuh kadang disepelekan oleh banyak orang padahal dampaknya bisa sangat besar. Ia pun menyarankan agar setiap orang bisa memperhatikan bahasa tubuhnya masing-masing dengan baik, walaupun dari hal-hal terkecil.

"Jangan melipat tangan atau memasukkan tangan ke dalam saku celana saat sedang berkomunikasi dengan klien. Bila kondisinya memang sedang santai atau agak kasual dan lawan bicara kita seumuran tidak begitu menjadi masalah," ujar Disti pada acara workshop oleh Talkinc, "How to Maximize your Inner Beauty", di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Kemudian, ia juga menyarankan untuk hindari bermain dengan rambut dan menyentuh wajah berulang kali yang biasa dilakukan seseorang saat dengan nervous.

"Jangan menyilangkan kaki saat berdiri, memainkan akesesoris tubuh atau bahkan sering menjentikkan jari," imbuhnya.

Menurutnya, dari bahasa tubuh dan kontak mata orang bisa merasa nyaman dan diterima.

Disti juga memberi tips bagaimana menjaga postur tubuh yang baik saat berkomunikasi dengan posisi berdiri agar memberikan bahasa tubuh yang nyaman.

"Bobot tubuh ditopang dan dikunci pada tulang belakang. Lalu, jarak antara kedua kaki tidak lebih lebar dari jarak bahu dan berdirilah tegap," saran Disti.

Dilanjutkannya, gerakan tangan dan kaki harus terlihat santai. Dan salah satu kaki diletakkan di depan kaki yang lain, dan jaga jarak agar tak terlalu lebar.




Berita Lainnya
AdiSurya Abdi Is Back; 'Bangun' Lagi Balai Kota

Sahid Sudirman Centre, Jakarta, Kabarindo- Anda pasti mengenal baik era Jan Pieterszoon Coen di Batavia 1618-1623 ?

Yah, AdiSurya Abdi yang selanjutnya disebut ASA adalah sineas


Mahasiswa Lampung; Ikut Lomba Tari Di Taiwan

Bandarlampung, Kabarindo- Tiga mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung yang sedang menjalani program student mobility ikut berkompetisi di tingkat internasional dalam perlombaan tari antarmahasiswa asing di


1.767 Peserta Dari 32 Provinsi; Ikut Festival Seni Qasidah Nasional

Padang, Kabarindo- Sebanyak 1.767 peserta dari 32 provinsi dari seluruh wilayah di Indonesia mengikuti Festival Seni Qasidah Tingkat Nasional Berskala Besar ke XXII tahun 2017 di Kota


Dewi Ardhiani Anastasia Citra; Raih Gelar Grandmaster Wanita Di Serbia

Jakarta, Kabarindo- Pecatur Indonesia, Dewi Ardhiani Anastasia Citra, yang bertanding pada turnamen catur internasional di Novi Sad, Serbia menyabet gelar Woman Grandmaster setelah mengalahkan Grand Master dari