Pemerintah Penghujung Tahun; Serahkan Pengelolaan 80.228 Hektare Hutan Desa

Kontributor : Teks & Foto2; Anton MP (Senior Journalist)

Kelola Alamnya

Jakarta, Kabarindo- Pemerintah menyerahkan hak pengelolaan hutan desa kepada sembilan lembaga pengelola hutan desa dengan luas total 80.228 hektare.

"Ini bukan angka yang kecil dan ini akan kita teruskan," kata Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Tenuria Reformasi Penguasaan Tanah dan Pengelolaan Hutan Indonesia 2017 di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Selain itu, pemerintah juga meresmikan pengakuan hutan adat dengan areal seluas 3.341 hektare.

Kepala Negara menjelaskan pemerintah juga mengakui hutan adat itu bagi sembilan kelompok masyarakat hukum adat.

Dalam diskusinya bersama peserta konferensi, Presiden menegaskan jika masyarakat suatu desa tidak memanfaatkan hutan desa dengan baik sesuai peraturan maka haknya akan dicabut.

"Kita menyerahkan ini tujuannya jelas. Agar hutan itu produktif. Entah untuk hutan wisata, entah airnya dimanfaatkan untuk dijual, dan bisa memberikan income kepada masyarakat. Saya kira arahnya ke sana, jangan sampai sudah diserahkan tidak dapat manfaat apa-apa," kata Presiden terkait pemanfaatan hutan desa.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menjelaskan reforma agraria dan perhutanan sosial menjadi salah satu upaya pemerataan ekonomi bagi masyarakat seperti dilansir dari laman antaranews.




Berita Lainnya
Kampanye Satu Pulau Satu Suara; Stop Pencemaran Sampah Plastik Di Laut

Surabaya, Kabarindo-  Kampanye Satu Pulau Satu Suara (One Island One Voice) tahun ini diperluas di lebih dari 100 lokasi di Bali, bertambah dari 55 lokasi pada 2017,


Batik To The Pop; Hadirkan Karya 25 Desainer Jawa Timur

Surabaya, Kabarindo- Kecintaan pada batik selama bertahun-tahun membuat desainer Embran Nawawi bersama rekan-rekannya menghadirkan Batik to the Pop (B2POP) di Tunjungan Plaza 5, Surabaya, pada akhir pekan


McDonald’s Indonesia; Ajak Orang Tua Habiskan Waktu Dengan Anak Saat Akhir Pekan

Surabaya, Kabarindo- Akhir pekan semestinya menjadi hari keluarga dan merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga, entah itu makan bersama atau main bareng.

Keluarga merupakan


8 Judul Persembahan MVP Di Tahun 2018; Awesome !

MVP Graha, Setiabudi, Jakarta, Kabarindo- Apa saja judul-judul film tersebut ?

Dari rilis yang diterima redaksi dan prescon yang baru saja digelar tadi sore, Jumat (23/2).