My Generation; Angkat Realita Anak Muda Millenial Yang Kritis



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

Berani ungkapkan pendapat kepada orang tua

Surabaya, Kabarindo- lFl Sinema yang berkecimpung di industri film nasional sejak 2007, siap menayangkan film terbarunya bergenre remaja berjudul 'My Generation’ di seluruh bioskop di Indonesia mulai 9 Nopember 2017.

Penayangan tersebut diawali dengan gala premiere di Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Bali dan Surabaya untuk mengenalkan film, sutradara dan karakter para pemain muda. Di Surabaya, acara berlangsung di CGV Marvell, Marvell City Mall Surabaya.

Film My Generation yang disutradarai oleh Upi mengangkat realita kehidupan generasi millenial yang kritis dalam menanggapi segala hal dan berani mengungkapkan pendapat termasuk kepada orang tua. Mereka secara kritis mempertanyakan nasehat atau larangan yang diberikan orang tua yang menurut mereka belum tentu benar atau sesuai dengan karakter mereka.

“Film ini mengangkat kehidupan anak zaman now dengan segala problematika mereka serta karakter dan cara pandang orang tua yang berbeda dalam mengarahkan anak-anak mereka agar sesuai dengan harapan mereka. Seperti inilah yang terjadi saat ini,” ujar Upi.

Ia menjelaskan, sebelum menggarap My Generation, ia melakukan riset selama 2 tahun dengan mengamati obrolan-obrolan di dunia maya yang akrab dengan generasi millenial tentang banyak hal di antaranya orang tua, sekolah, lingkungan hingga teman-teman, sehingga percakapan yang terjadi seperti percakapan yang memang terjadi saat ini.

”Dalam membuat sebuah film, saya tertantang untuk membuat angle yang berbeda. Untuk film remaja, saya tidak ingin mengangkat seputar romantisme percintaan. Tapi saya ingin mengangkat generasi millenial,” ujar Upi.

My Generation dibintangi oleh 4 pemain baru yang menjadi bintang utama yaitu Bryan Langelo (sebagai Zeke), Arya Vasco (sebagai Konji), Alexandra Kosasie (sebagai Orly) dan Lutesha (sebagai Suki) serta para pemain senior yang menjadi orang tua yaitu Ira Wibowo dan Joko Anwar (orang tua Konji), Tyo Pakusadewo dan Karina Suwandhi (orang tua Zeke), Surya Saputra dan Aida Nurmala (orang tua Suki) serta Indah Kalalo (ibunda Orly).

My Generation menceritakan persahabatan 4 anak SMU yaitu Zeke, Konji, Suki dan Orly. Di awali dengan gagalnya mereka berlibur, karena video buatan mereka yang memprotes guru, sekolah dan orang tua menjadi viral di sekolah. Mereka dihukum tidak boleh pergi liburan. Tentu saja mereka tak menerima keadaan begitu saja. Liburan sekolah justru membawa mereka pada petualangan yang memberi pelajaran berarti.

Masing-masing tokoh memiliki karakteristik yang berbeda dengan konflik yang berbeda pula.
Menurut Upi, keempat pemain baru tersebut telah mengikuti workshop selama 3 bulan untuk melakukan pendalaman karakter.

“Ini film pertama mereka. Mereka punya potensi, tinggal mengasahnya. Mereka juga pekerja keras dan profesional. Akting mereka natural,” pujinya.

Alexandra sebagai Orly menuturkan, Orly adalah perempuan yang kritis, pintar dan berprinsip. Ia berusaha mendobrak label-label negatif yang sering diberikan pada perempuan. Ia juga bermasalah dengan ibunya yang single parent, yang berpacaran dengan pria yang jauh lebih muda. Bagi Orly, gaya hidup sang ibu tidak sesuai dengan umurnya.

Lutesha, pemeran Suki, menuturkan Suki adalah perempuan yang kalem dan kurang pede, namun berusaha ia sembunyikan. Kurang pedenya semakin besar, karena sikap orang tuanya yang selalu berpikiran negatif terhadapnya.

Zeke berwatak pemberontak, easy going dan loyal pada sahabat-sahabatnya. Namun ternyata ia memendam masalah yang besar dan menyimpan luka yang dalam di hatinya. Zeke merasa kedua orang tuanya tidak mencintainya dan tidak menginginkan keberadaannya. Untuk menyembuhkan luka tersebut, Zeke harus berani mengkonfrontasi orang tuanya dan membuka pintu komunikasi yang selama ini terputus di antara mereka.

Sedangkan Konji adalah pemuda polos dan naif. Ia merasa ditekan oleh aturan orangtuanya yang kolot dan over protective. Kemudian terjadi peristiwa yang membuat kepercayaannya pada orang tuanya hilang. Konji balik mempertanyakan moralitas orang tuanya yang kontradiktif dengan semua aturan yang mereka terapkan terhadap Konji.

Surya Saputra pemeran orang tua Suki, mengaku senang bisa bermain dengan keempat pemain baru tersebut. Ia tidak kesulitan berakting dengan mereka. Ia memuji akting mereka yang natural dan sikap profesionalisme mereka.

Upi berharap, My Generation ditonton remaja hingga orang tua untuk menunjukkan gap antara generasi millenial dan orang tua serta bagaimana sebaiknya menyikapinya.




Berita Lainnya
Komatsu Indonesia; Serahkan Alat Bantu Pendidikan

Jakarta, Kabarindo- Pabrikan alat berat PT Komatsu Indonesia menyerahkan alat bantuan pendidikan untuk 35 SMK dalam partisipasinya mendukung Program Link and Match antara pendidikan vokasi dan industri


Negara Beri Apresiasi Bagi Para Veteran Olahraga; Awesome....!

Jakarta, Kabarindo- Para legenda olahraga Indonesia mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui acara yang bertajuk Anugerah Legenda Olahraga Indonesia, Rabu


Zalora; Jadi E-Commerce Yang Makin Diminati

Jakarta, Kabarindo- ZALORA, destinasi fashion online terbesar di Asia sukses menyelenggarakan hari pertama Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 2017 dengan memperoleh peningkatan jumlah pendapatan sebanyak 15 kali


Mahasiswa ITS; Ciptakan Gitar Dari Bambu & Rotan Laminasi

Surabaya, Kabarindo- Kekayaan material alam Indonesia telah mendorong Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk menciptakan produk yang inovatif khas Indonesia.

Hal ini dibuktikan oleh empat