Bio-Oil Gandeng Brawijaya Women and Children Hospital (BWCH); Berbagi Informasi Seputar Kesehatan

 Bio-Oil Gandeng Brawijaya Women and Children Hospital (BWCH); Berbagi Informasi Seputar Kesehatan

Jakarta, Kabarindo- Sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan wanita Indonesia, Bio-Oil bersama Brawijaya Women and Children Hospital (BWCH) menyelenggarakan talkshow dengan tema “Happy Skin, Healthy Pregnancy”, bertempat di ruang Auditorium Lantai 2 Brawijaya Women & Children Hospital dengan menghadirkan Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan serta Dokter Spesialis Dermatologi dari BWCH sebagai pembicaranya.

Menjalani masa kehamilan hingga tibanya proses persalinan merupakan saat yang paling membahagiakan dan dinantikan. Namun, tidak sedikit juga para calon ibu merasakan kekhawatiran akan berbagai perubahan yang dialaminya nanti baik secara fisik maupun mental. Hal ini menimbulkan keresahan, sehingga para wanita yang lekat dengan tampilan cantik dan menarik akan mencari berbagai tips dan solusi agar tetap bisa menjaga penampilannya serta selalu tampil prima. Seiring dengan tahapan kehamilan, makin banyak persiapan yang dilakukan oleh sang Ibu dalam menyambut sang buah hati, namun dengan kesibukan yang bertambah padat, terkadang mereka semakin lupa untuk memiliki “Me Time!” yaitu meluangkan dan melakukan aktifitas yang menyenangkan khusus untuk dirinya sendiri.

Felicia Reva, perwakilan dari PT. Radiant Sentral Nutrindo selaku pemegang lisensi Bio-Oil di Indonesia, menyampaikan kebahagiaannya bahwa sejak kehadiran di Indonesia pada Oktober 2014 hingga saat ini, Bio-Oil tidak pernah berhenti untuk terus mendukung para wanita agar terus menjaga kesehatan diri dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dan tidak pernah lupa memiliki “Me-Time” untuk mengoptimalkan kesehatan dirinya yang berujung pada kebahagiaan dan kecantikan diri menyeluruh. Felicia juga menambahkan, Bio-Oil percaya bahwa jika para ibu maupun calon ibu memiliki tampilan kulit yang sehat dan merasa bahagia dalam menjalani kehamilannya, maka hidup pun akan terasa lebih bahagia sehingga akan menularkan energi positif bagi bayi yang dikandungnya dan orang-orang di sekitarnya, seperti kampanye yang diusung Bio-Oil di tahun 2015 ini, Happy Skin, Happier Life.

Dalam acara talk show tersebut dipaparkan oleh dr. Tirsa Verani, SpOG sebagai Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan dari BWCH mengenai perubahan-perubahan apa saja yang terjadi pada ibu dan janin sejak awal masa kehamilan serta tanda-tanda bahaya yang harus diwaspadai pada masa kehamilan serta apa tindakan yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Selain itu juga dijelaskan hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan hal-hal apa saja yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Menurut dr. Tirsa Verani, SpOG beberapa hal yang harus dilakukan untuk memiliki kehamilan yang sehat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat karena pola hidup yang sehat akan mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan secara keseluruhan, memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan dan minuman yang dikonsumsi, menjaga kebersihan diri dan lingkungan ibu hamil, olah raga dan istirahat cukup, hindari stress, senantiasa berpikir positif dan memiliki dukungan penuh dari suami dan keluarga. Satu lagi yang penting yaitu teratur melakukan kunjungan rutin periksa kehamilan.

Menambahkan paparan yang sudah disampaikan sebelumnya, dr. Grace NS Wardhana, SpKK sebagai Dokter Spesialis Dermatologist dari BWCH, menjelaskan bahwa Salah satu perubahan fisik lain yang terjadi saat masa kehamilan dan sering dianggap mengkhawatirkan adalah perubahan pada kulit akibat peningkatan kadar hormon progesteron dan estrogen. Permasalahan kulit yang sering muncul dan dialami oleh para calon ibu dan dianggap “khas” adalah jerawat, flek hitam atau hiperpigmentasi pada beberapa area kulit, selulit yang muncul di permukaan kulit berupa gelombang seperti kulit jeruk, linea nigra atau biasa disebut garis kehamilan berupa gurat perut berwarna kecokelatan yang membujur vertikal mulai dari pusar ke bawah dan stretch marks yaitu tanda parut berupa gurat-gurat putih di permukaan kulit perut, pinggul, bokong dan terkadang juga di payudara. dr. Grace pun menambahkan bahwa Stretch marks yang terjadi pada masa kehamilan umumnya berwarna merah muda dan lebar, kemudian berangsur berubah menjadi garis tipis warna putih atau kecokelatan. Faktor penyebab terbentuknya stretch marks juga dipengaruhi oleh adanya peningkatan hormon glukokortikoid yang menyebabkan pembentukan jaringan elastin dan kolagen dalam tubuh terhambat. Sementara peregangan pada kulit perut terus terjadi, elastisitas kulit dipaksa mengembang sampai level maksimum untuk mengakomodasi pertumbuhan janin, akibatnya jaringan penunjang di bawah kulit putus. Adapula scars yang timbul akibat proses persalinan cesar. Sebagai penutup paparannya, dr. Grace mengingatkan para wanita untuk mengerti mengenai kondisi kulit masing-masing dan akhirnya dapat melakukan perawatan yang tepat untuk setiap kondisi kulit masing-masing.

Dijelaskan oleh dr. Grace NS Wardhana, SpKK, bahwa Stretch marks yang terjadi pada masa kehamilan umumnya berwarna merah jambu dan lebar, kemudian berangsur berubah menjadi garis tipis warna putih atau kecokelatan. Faktor penyebab terbentuknya stretch marks juga dipengaruhi oleh adanya peningkatan hormon glukokortikoid yang menyebabkan pembentukan jaringan elastin dan kolagen dalam tubuh terhambat. Sementara peregangan pada kulit perut terus terjadi, elastisitas kulit dipaksa mengembang sampai level maksimum untuk mengakomodasi pertumbuhan janin, akibatnya jaringan penunjang di bawah kulit putus.

Berikut beberapa hal yang disarankan oleh dr. Grace NS Wardhana, SpKK untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit selama masa kehamilan dan pasca persalinan:

    Bersihkan wajah secara teratur dan jauhi makanan yang berlemak

    Oleskan pelembap kulit yang sudah teruji secara klinis secara teratur sejak awal trimester

    kedua kehamilan minimal 2 kali sehari untuk membatu meningkatkan elastisitas kulit

    Hindari produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya dalam dosis tinggi seperti retinoid, merkuri, BHA atau salicylic acid, hydroquinone, benzoil peroxyde dan

    rhodamin

    Perbanyak konsumsi air putih dan kurangi konsumsi garam

    Hindari paparan sinar matahari langsung dan gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di

    bawah sinar matahari antara jam 09.00-16.00 WIB

    Berjemur di bawah sinar matahari di bawah jam 09.00 WIB pagi selama lebih kurang 30

    menit untuk mendapatkan vitamin D yang bermanfaat baik bagi kesehatan tulit dan tulang

    Hindari penggosokan kulit yang berlebihan atau penggunaan produk-produk kulit yang dapat

    menyebabkan iritasi

    Gunakan kosmetik yang hypoallergenic dan direkomendasikan oleh dokter

    Hindari penggunaan pemutih kulit selama masa kehamilan

Untuk mendapatkan tubuh terutama kulit yang sehat, seorang wanita perlu memberikan asupan nutrisi yang seimbang, baik dari luar maupun dalam karena keduanya merupakan bagian yang sebaiknya tidak dipisahkan. Bio-Oil mendukung wanita sebagai asupan dari luar untuk merawat dan memperbaiki tampilan kulit bermasalah. Namun para wanita juga harus menerapkan gaya hidup sehat, mempunyai pikiran yang positif dan yang terutama yang penting adalah tampil percaya diri dan selalu merasa bahagia, karena kebahagiaan adalah rahasia dari kecantikan luar dalam. Bio-Oil merupakan produk spesialis perawatan kulit untuk membantu memperbaiki permasalahan scars dan stretch marks pada bagian wajah dan tubuh. Seringkali wanita merasa malas karena harus meluangkan waktu yang cukup banyak untuk memiliki kulit sehat dan menghindari bahan berdasar minyak karena merasa tidak nyaman dan terasa lengket. Nurhayatini, Product Manager, PT Radiant Sentral Nutrindo menambahkan, Bio-Oil dikenal sebagai “dry oil” yang dapat menyerap cepat sehingga tidak terasa berminyak ketika kita aplikasikan. Mempunyai terobosan bahan aktif PurCellin OilTM yang dipadukan dengan campuran unik minyak dari tumbuh-tumbuhan alami yang di ekstrak dan minyak esensial alami seperti Lavender, Kalendula, Rosemary dan Chamomile untuk penyerapan lebih cepat di jaringan kulit. Perpaduan bahan ini dapat melembutkan, menghaluskan, menyejukkan dan mencerahkan kulit. Bio-Oil juga efektif untuk menghilangkan permasalahan kulit lainnya seperti penuaan dini, kulit dehidrasi dan warna kulit yang tidak merata. Selain itu, Bio-Oil juga cocok digunakan untuk kulit sensitif, hypoallergenic, noncomedogenic dan non-acnegenic

Bio-Oil yang berasal dari Afrika Selatan diformulasikan oleh Dieter Beier pada tahun 1987 dan mulai dipasarkan sejak tahun 2002 di seluruh dunia dan kini tersedia di 84 negara. Bio-Oil telah sukses mendapatkan 194 penghargaan Internasional pada kategori perawatan kulit dan tidak hanya itu tetapi Bio-Oil pun telah berada sebagai peringkat pertama untuk produk spesialis khusus perawatan scars dan stretch marksdi 18 negara. Bio-Oil kini telah menjadi produk pilihan pertama yang direkomenasikan oleh dokter dan farmasi di New Zealand, Afrika Selatan, UK dan Australia. Menurut penelitian yang dilakukan proDERM (2010), 92 persen responden merasakan adanya perubahan pada tampilan scars dan 100 persen partisipan di uji merasakan perbaikan pada tampilan stretch marks setelah pemakaian dalam waktu 8 minggu.