Menteri Pertanian RI; Kembali Sambut Kedatangan Kapal Ternak Camara Nusantara I

 Menteri Pertanian RI; Kembali Sambut Kedatangan Kapal Ternak Camara Nusantara I

Tanjung Priok, Jakarta- Kabarindo- Salah satu upaya pemerintah dalam memberikan keuntungan bagi semua pihak baik kepada para petani (peternak) maupun pihak pedagang dan konsumen, pagi tadi Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Ia kembali menyambut kedatangan Kapal Ternak KM Camara Nusantara I di Dermaga 107, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kapal Ternak tersebut datang tepat pukul 05.00 WIB.

“Hari ini saya dan yang lain sambut kapal ternak sapi yang muatannya penuh. Ada 500 ekor sapi, 400 diturunkan di Jakarta dan 100 ekor lagi diturunkan di Pelabuhan Cirebon.

Dan ini akan terus berlanjut,” ujar Andi Amran Sulaiman saat memberikan keterangan kepada rekan-rekan media di Dermaga 107, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin pagi, (22/02).

Andi Amran Sulaiman juga mengatakan bahwa pengiriman sapi beberapa kali dalam sebulan ini, disamping upaya pemerintah memberikan keuntungan bagi semua pihak, ini juga sebagai langkah awal upaya pemerintah menekan harga daging sapi di wilayah Jabodetabek yang saat ini di pasar masih dibanderol dengan harga Rp 110.000-130.000/kg.

Upaya ini baru permulaan setelah 70 tahun Indonesia merdeka. Kalau sudah lancar dan stabil serta diperbanyak kuotanya, semoga harga daging di pasaran Rp 85.000/kg, ujarnya.

Yang terpenting bahwa, lanjut kata Mentan, “Kita sudah melakukan sesuatu dan menguntungkan petani (peternak) juga konsumen dan pedagangnya juga tidak rugi," pungkasnya.

Dari data yang kita terima, bahwa harga daging di tingkat petani (peternak) sebesar Rp.40.000,-/kg dan upaya kami pada hari minggu kemarin 21 Februari 2016 dengan melakukan operasi pasar, konsumen juga mendapatkan keuntungan berkisar 20.000 hingga 30.000 rupiah per kg, ungkap Andi Amran Sulaiman. Dan ini artinya saling menguntungkan semua pihak, terutama bagi petani (peternak) itu sendiri, tambahnya.

Sapi-sapi yang datang di Jakarta ini akan mulai dipasarkan oleh Perum Bulog, PD Dharma Jaya, dan PT Berdikari dengan harga Rp 85.000/kg di tingkat konsumen.

"Semoga dengan langkah ini dan upaya ini, kita dapat merasakan manfaatnya. Dan kita akan terus berupaya untuk menekan harga kebutuhan daging sapi di pasar, khususnya wilayah Jabodetabek," tutupnya.