Rifat Sungkar; Raih Juara Dua Kejuaraan Umum IXOR Kejurnas Speed Offroad Putaran 5

 Rifat Sungkar; Raih Juara Dua Kejuaraan Umum  IXOR Kejurnas Speed Offroad Putaran 5

Jakarta, Kabarindo– Pebalap Rifat Sungkar.

Ia bersama navigator M. Redwan yang pada putaran kelima kembali didukung oleh Pelumas Pertamina Fastron berhasil meraih juara kedua di kejuaraan umum atau yang dikenal dengan Champ of the champ. Rifat mencatatkan waktu 6 menit 33,407 detik, terpaut sekitar 4 detik dengan H.
Samsudin yang meraih juara pertama dengan catatan waktu 6 menit 29,057 detik.

Ketidakberuntungan Rifat diawali di hari pertama, pada SS1  saat melakukan jumping, mobil landing dengan keras.  

Akibatnya kopel depan patah dan penggerak empat roda kendaraan atau biasa disebut    4 WD tidak berfungsi. Selain itu master kopling dan knalpot juga patah sehingga mobil mencapai finish tanpa knalpot dan kopling. Rifat finish dengan catatan waktu 3 menit 33,071 detik, dan menempati posisi 16 pada grup FFA, serta posisi 7 di kelas G6.4.

Tim mekanik dengan sigap bekerja keras untuk memperbaiki kendala tersebut. Mobil selesai tepat waktu untuk mengikuti SS2 walaupun hanya dengan penggerak dua roda (2WD).

Di SS kedua, Rifat start bersama dengan H. Samsudin. Tentunya Rifat menyadari dengan kondisi mobil  2WD, mereka akan tertinggal jauh, namun pada akhirnya  Rifat berhasil menyelesaikan SS2 dengan catatan waktu 3 menit 30,852 detik dan terpaut sekitar 7 detik dari H. Samsudin.

Rifat pun naik ke posisi 10 di grup FFA dan posisi 5 di kelas G6.4.

Tim Mekanik kembali bekerja kerja keras pada malam harinya untuk memperbaiki kendala  mobil agar dapat berkompetisi dengan baik di hari kedua. Hasilnya, di hari kedua, Rifat menjalani SS3  dan S4 tanpa kendala berarti, namun Rifat harus mengejar selisih waktu dari pebalap pebalap lain yang cukup jauh,  sekitar 15 detik. “Saya bersikap realistis saja, perbedaan dengan posisi 1-3 sekitar 15 detik, dan di trek kali ini untuk bisa mendapatkan selisih waktu sekitar 7 detik per SS walaupun sudah tampil all out, sangatlah sulit.
Jadi saya memilih bermain aman saja agar bisa masuk dalam babak Champ of champ.” tukas Rifat yang mengendarai Mitsubishi Pajero Sport.

Catatan waktu  total Rifat untuk  4SS adalah 13 menit 43,624 detik,  naik ke posisi 8 di grup FFA dan meraih posisi kelima di kelas G6.4. Posisi pertama dan kedua kelas G6.4 diraih H. Samsudin dan Tb Adhi. Sedangan untuk best overall, Rifat berada di posisi kedelapan. Untuk itu, Rifat berhak untuk maju ke babak kejuaraan umum bersama 19 pebalap lainnya.

Pada 2 SS tambahan di babak kejuaraan umum atau Champ Of The Champ, berbekal pengalaman dan keuletannya, Rifat  berhasil meraih juara kedua. Rifat berhadapan dengan pebalap non seeded Yedidiah, di SS5 Rifat unggul sekitar 13 detik dan di SS6 Rifat kembali unggul sekitar 26 detik. Rifat/Redwan akhirnya menuntaskan pertarungan dengan total catatan waktu 6 menit 33,407 detik.

“Saya sudah berusaha sangat maksimal, namun H.Samsudin jauh lebih unggul. Saya kalah dengan terhormat. Tidak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim mekanik saya dari RFT Motorsport yang telah bekerja keras mempersiapkan mobil, walaupun sempat terkendala di hari pertama tetapi akhirnya dengan dukungan 100% mereka, hasil yang sangat baik menurut saya dapat tercapai. Dan juga terima kasih juga atas dukungan dari pelumas Pertamina Fastron, Mitsubishi Pajero Sport dan semua pihak yang turut mendukung kami. ” tutup Rifat. “

Selanjutnya Rifat Sungkar, harus segera mempersiapkan diri lagi untuk mengikuti putaran enam  Indonesia X-Offroad Racing Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2015 akan kembali digelar pada 10-11 Oktober mendatang.