Yuk Nikmati Gulai Ayam Kurma; Untuk Hidangan Lebaran

 Yuk Nikmati Gulai Ayam Kurma; Untuk Hidangan Lebaran

Surabaya, Kabarindo- Lebaran telah tiba. Saatnya merayakan bersama keluarga besar dengan berkumpul dan menikmati bermacam hidangan lezat.

Lebaran memang identik dengan aneka panganan mulai makanan kecil seperti camilan kacang hingga makanan berat. Yang biasanya disajikan adalah opor ayam dengan ketupat dan gulai kambing yang menjadi favorit banyak orang. Rasanya kurang afdol dan kurang lengkap jika tak ada salah satu dari dua hidangan ini.

Namun makin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Meskipun Lebaran memberikan kesempatan besar untuk menyantap semua makanan yang enak-enak, tapi hendaknya tetap mengontrol diri. Jangan sampai usai Lebaran, malam jatuh sakit karena berlebihan menikmati makanan yang tinggi lemak, tinggi kolesterol dan sebagainya.

Untuk itu, Hotel Bisanta Bidakara Surabaya menyediakan menu alternatif sebagai hidangan saat Lebaran yang sedap namun relatif aman karena rendah kolesterol yaitu Gulai Ayam Kurma. Menu ini hasil kreasi Executive Chef H.M Rochim.

“Sudah menjadi tradisi menyajikan gulai di rumah untuk menjamu tamu saat Lebaran. Hidangan ini seolah merupakan menu yang wajib ada. Biasanya yang disajikan gulai kambing, tapi saya ganti daging ayam,” ujar Chef Rochim pada Minggu (27/7/2014).

Ia mengatakan, gulai berbahan ayam tak kalah lezat dengan gulai daging kambing. Selain itu relatif aman karena rendah kolesterol. Sedangkan kurma memberikan cita rasa yang berbeda sehingga Gulai Ayam Kurma menjadi hidangan kaya rasa yang menggabungkan rasa gurih dan manis.

Para ibu bisa membuat menu ini di rumah karena cukup mudah dengan bahan-bahan yang gampang diperoleh dan bumbu yang sederhana. Yaitu daging ayam, kurma, minyak goreng, santan kara, bumbu gulai, bawang putih dan bawang merah, garam, gula, merica dan penyedap rasa.

Chef Rochim menjelaskan cara membuatnya. Ayam digoreng sebentar lalu tiriskan. Tumis bumbu lalu masukkan ayam goreng dan campur hingga rata. Tambahkan sedikit air serta bumbu-bumbu lainnya lalu campur hingga rata. Tuangkan santan, campur dan rebus hingga agak mengental. Kemudian masukkan kurma.

Gulai Ayam Kurma siap disajikan dengan nasi putih hangat. Hmm...sedap.