17 Siswa Jakarta; Ikuti Program Mengenal Nusantara

17 Siswa Jakarta; Ikuti Program Mengenal Nusantara

Pekanbaru, Kabarindo- Sebanyak 17 siswa asal berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) DKI Jakarta yang mengikuti Program Mengenal Nusantara selama dua pekan di Riau mengagumi beragam kebudayaan, pendidikan dan kegiatan ekonomi di Riau.

"Tidak hanya budaya, kita turut mempelajari beragam hal baru di sini seperti sistem pendidikan, pengembangan ekonomi mandiri serta mempelajari seluk beluk pengolahan minyak di Riau," kata salah seorang siswa Program Mengenal Nusantara asal SMAN 4 Jakarta Risti Aji di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan, hal-hal baru itu tidak pernah didapatkannya di tempat lain. Seperti pada bidang pendidikan, dia menjelaskan bahwa sejumlah sekolah unggulan di Riau telah menerapkan sistem SKS. "Di sini sudah ada yang pakai sistem kredit sekolah atau SKS. Sementara di Jakarta menggunakan kurikulum 2013," katanya.

Menurut dia, sistem belajar menggunakan SKS itu membuat siswa dapat mengatur cara belajar seperti di bangku kuliah.

Dia mengatakan, selama di Pekanbaru bersama ke-16 rekan lainnya diajak ke sejumlah sekolah seperti SMA 8 Pekanbaru dan SMA Plus Riau.

Hal senada disampaikan oleh Ari Muhidin dari SMAN 92 Jakarta. Dia mengaku selama di Riau diajak berkeliling ke sejumlah perusahaan multinasional yang bergerak di pengelolaan hutan serta minyak dan gas. Kegiatan itu membuat dirinya memahami bagaiman caranya selembar kertas itu dibuat.

"Kemudian untuk pertama kalinya saya bisa melihat bagaimana pipa angguk itu mengambil minyak dari perut bumi," katanya.

Untuk segi budaya, dia mengaku Riau merupakan provinsi yang identik dengan pantun. Selain itu, dia juga melihat bahwa sebagian besar bangunan Riau identik dengan budaya Melayu.

"Seperti komplek kantor Gubernur Riau yang bentuk gedungnya seperti bentuk kapal yang disebut Lancang Kuning," ujarnya seperti dilansir dari laman antaranews.

Dia mengatakan, dengan mengikuti program ini, dirinya semakin termotivasi untuk mengenal lebih banyak budaya Riau dan Nusantara secara umum.

Program Siswa Mengenal Nusantara yang diikuti oleh 17 siswa-siswi berbagai SMA DKI Jakarta di Provinsi Riau mulai diselenggarakan sejak Selasa (8/12).

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan program yang dilangsungkan oleh Ke"menterian BUMN bersama-sama dengan BUMN.

Program tersebut dikhususkan bagi siswa SMU Kelas XI dari keluarga kurang mampu yang menjadi putra daerah berprestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri.

Kegiatan ini dilaksanakan pada saat musim libur sekolah sehingga waktu libur mereka terisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.