30 Perusahaan; Raih Trophy Primaniyarta Award 2015

30 Perusahaan; Raih Trophy Primaniyarta Award 2015

Jakarta, Kabarindo– Kementerian Perdagangan menobatkan tiga puluh perusahaan paling berprestasi di bidang ekspor sebagai penerima Primaniyarta Award 2015.

Penyerahan trophy dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di sela pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2015 di JIExpo, Jakarta, Rabu (21/10).

“Penghargaan ini merupakan apresiasi, semoga penghargaan ini dapat terus memotivasi dunia usaha menggiatkan ekspornya, sekaligus menstimulus pertumbuhan jumlah pelaku ekspor yang terampil dan handal guna meningkatkan ekspor nonmigas nasional,” ujar Menteri Perdagangan Thomas T. Lembong, Rabu (21/10).

Primaniyarta Award dapat menjadi pembuktian prestasi para eksportir Indonesia dan promosi bagi para penerimanya sebagai bentuk pengakuan eksistensi dan kinerja perusahaan terkait aktivitas perdagangan internasional. Penghargaan diberikan kepada masing-masing kategori, yakni kategori Eksportir Berkinerja sebanyak 13 perusahaan, kategori Pembangun Merek Global sebanyak 7 perusahaan, kategori Eksportir Potensi Unggulan Ekspor sebanyak 7 perusahaan, dan kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru sebanyak 3 perusahaan.

Persyaratan utama penerima Primaniyarta adalah tidak bermasalah dalam bidang perbankan, perpajakan, lingkungan hidup, ketenagakerjaan, dan kekayaan intelektual (merek). Kriteria lain yang turut menjadi pertimbangan ialah persaingan, kualitas dan harga barang, derajat penerimaan suatu produk atau barang di kalangan konsumen, kemampuan eksportir melakukan penetrasi melalui jalur distribusi yang dibangun di negara tujuan ekspor, serta nilai-nilai lain yang dikembangkan eksportir dalam upaya menembus pasar tujuan ekspor.

Aspek tersebut akan menggambarkan kedewasaan berbisnis ekspor dari para eksportir, serta dapat menunjukkan ketangguhan dan daya saingnya.
“Penguasaan produk di pasar negara tujuan ekspor yang diupayakan eksportir juga masuk ke dalam penilaian. Penguasaan pasar tidak hanya pada tingkat perdagangan besar (wholesale market), tapi juga termasuk perdagangan eceran (retail market).
Semakin besar penguasaannya di pasar, maka semakin tinggi kinerja eksportir tersebut,” papar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Nus Nuzulia Ishak.

Nus menambahkan, promosi di negara tujuan juga menjadi pertimbangan, di mana tingkat keaktifan dan kesinambungan para eksportir mempromosikan produk ekspornya. Bukan hanya promosi lewat pameran, tetapi juga pengiklanan di media elektronik dan cetak, media luar ruangan (above the line), dan promosi lain seperti kunjungan langsung ke para konsumen, serta penyelenggaraan event khusus (below the line) yang bersifat jangka panjang yang dilakukan secara konsisten, dan berkesinambungan.

Semakin lengkap aktivitas promosi yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan, maka semakin tinggi pula penilaian terhadap prestasi eksportir yang bersangkutan.

“Upaya promosi dengan beriklan di pasar negara tujuan ekspor yang telah dan tengah dilakukan para eksportir menggambarkan keseriusan mereka di dalam menerobos pasar dan mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar,” lanjut Dirjen Nus.

Peserta Primaniyarta Award terlebih dahulu diseleksi secara administrasi oleh tim evaluator yang berasal dari beberapa kementerian teknis terkait, antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bank Indonesia, swasta, media, dan praktisi/profesional. Sedangkan penjurian peserta Primaniyarta dilakukan tim independen yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 689/M-DAG/KEP/5/2015.

Tim Juri Primaniyarta 2015 diketuai oleh Kemal Effendi Gani dengan anggota Johny Darmawan, Himawan Basuki, Sudarmadi, Thomas Darmawan, Heruwasto, Agus W. Soehadi, Handito Hadi Joewono, Gunawan Suryo Murcito, Ahmad Djauhar, Rahayubudi, Kusnan M. Djawahir, Nining Indrayono, Prieyo Pratomo, dan Rizal Edi Halim.

Penerima Primaniyarta Award 2015
Perusahaan penerima Penghargaan Primaniyarta memiliki keunggulan yang dapat diandalkan bersaing di pasar ekspor dan memiliki pasar tujuan ekspor yang sangat beragam di pasar tradisional dan nontradisional.

Berdasarkan Keputusan Tim Juri pada tanggal 7 Oktober 2015 yang kemudian ditetapkan dalam Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 1062/M-DAG/KEP/10/2015, sebanyak 30 perusahaan penerima Penghargaan Primaniyarta 2015 yaitu:
Kategori Eksportir Berkinerja
1. PT. BusanaRemaja AgraCipta Banten
2. PT. Sekar Bumi Tbk Jawa Timur
3. PT. PAN Brothers Tbk Banten
4. PT. Growth Asia Sumatera Utara
5. PT. Gistex Jawa Barat
6. PT. Bio Farma (Persero) Jawa Barat
7. PT. Indah Golden Signature Jawa Timur
8. PT. Indo-Rama Synthetics Tbk Jawa Barat
9. PT. Bumitangerang Mesindotama Banten
10. PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk Riau
11. PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia DKI Jakarta
12. PT. Ungaran Sari Garments Jawa Tengah
13. PT. Embee Plumbon Tekstil Jawa Barat
Kategori Pembangun Merek Global
1. PT. Sekar Laut Tbk Jawa Timur
2. PT. Gajah Tunggal Tbk Banten
3. PT. Selamat Sempurna Tbk Banten
4. PT. Ikafood Putramas Jawa Barat
5. PT. Astra Otoparts Tbk DKI Jakarta
6. PT. Polymindo Permata Banten
7. PT. Megasurya Mas Jawa Timur
Kategori Pelopor Pasar Baru
1. PT. Nayati Indonesia Jawa Tengah
2. PT. E-T-A Indonesia Jawa Timur
3. PT. Global MultiPack Sumatera Selatan
Kategori Eksportir Potensi Unggulan Ekspor
1. PT. Supranusa Indogita Jawa Timur
2. PT. Karya Cipta Unggul Nusantara Jawa Tengah
3. PT. Mondrian Jawa Tengah
4. PT. Panggung Jaya Indah Textile Jawa Tengah
5. PT. Indoexim International Jawa Tengah
6. PT. President Furniture Jawa Tengah
7. PT. Sasana Antik Jawa Tengah