5 Hari Lagi; Calon Koko Cici Jakarta 2013 Siap Diseleksi

5 Hari Lagi; Calon Koko Cici Jakarta 2013 Siap Diseleksi

Jakarta, Kabarindo-  Dari update terbaru dari penyelenggara yang diterima redaksi siang ini.

Seleksi awal pemilihan Koko Cici Jakarta akan berlangunsg pada tanggal 19-20 Oktober 2013 bertempat di Gedung Walikota Jakarta Barat. Semakin dekat menuju hari lahirnya duta pariwisata, duta budaya Tionghoa dan duta sosial DKI Jakarta yang baru yaitu Koko Cici Jakarta 2013.

Pada seleksi awal para peserta akan menunjukan kebolehannya dalam  menampilkan bakat masing-masing serta kemampuan berbahasa dan public speaking dihadapan para dewan juri yang merupakan senior dari Koko Cici Jakarta yang tergabung dalam Ikatan Koko Cici Jakarta. Pada akhirnya, para juri seleksi akan memilih 50 orang peserta untuk masuk menjadi semifinalis Koko Cici Jakarta 2013 yang pada nantinya akan berhadapan dengan para juri, antara lain juri di bidang pariwisata, juri bidang penampilan dan public speaking, juri kebudayaan Tionghoa, juri  psikologi, juri bahasa asing, juri dari Ikatan Koko Cici Jakarta dan juga Wakil Walikota Jakarta Barat.

Ibu Ernawati Sugondo, salah seorang pendiri Koko Cici Jakarta yang sekaligus merupakan juri kebudayaan Tionghoa dan bahasa mandari berpendapat bahwa kemampuan berbahasa mandarin akan menjadi nilai tambahan bagi setiap peserta. “Karena sangat berguna, seperti kemarin Koko Cici pergi ke China mempromosikan wisata Jakarta bersama dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta, bisa bahasa mandarin, jadi bisa berkomunikasi dan Koko Cici kemarin sangat disambut di China”, imbuhnya lebih lanjut.

Pada akhirnya pada tahap semifinal, juri akan menentukan ke 16 pasang Koko dan Cici yang akan mengikuti masa karantina pad tanggal 22 Oktober sampai dengan 7 November 2013. Malam final pemilihan Koko Cici Jakarta 2013 akan dilangsungkan di Ballroom Hotel Ciputra pada tanggal 8 November 2013 dimana ke 32 finalis akan menunjukan hasil dari karantinanya dan menjadi penentu siapakah yang aklan menjadi Koko dan Cici Jakarta 2013 sebagai duta pariwisata, duta budaya Tionghoa dan duta sosial di DKI Jakarta.

Pemilihan Koko Cici Jakarta pertama kali diadakan pada tahun 2002 untuk mengembalikan citra Indonesia, khususnya kota Jakarta dimata dunia atas kejadian Mei 1998, ide ini sendiri dicetuskan oleh Pak Sarimun selaku Walikota Jakarta Barat waktu itu. Tepat pada bulan Juni 2012 lalu, Koko Cici Jakarta merayakan satu dasawarsa berdirinya Koko Cici Jakarta di Balai Agung, DKI Jakarta yang dihadiri oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu, Bapak Fauzi Bowo beserta jajaran dan para tokoh masyarakat Tionghoa yang berjasa dalam mendukung Koko Cici Jakarta selama sepuluh tahun.

Koko Cici Jakarta menjalani masa bakti dan tanggung jawab sebagai duta dalam bidang pariwisata, sosial dan tentunya melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Tionghoa di DKI Jakarta dan Indonesia.