AFI 2013; Siapkan Piala Dewantara Untuk Poster Film Bioskop !

AFI 2013; Siapkan Piala Dewantara Untuk Poster Film Bioskop !

Jakarta, Kabarindo- Apabila Piala Citra itu menjadi supremasi perhelatan bersejarah dari Festival Film Indonesia-FFI.

Lain lagi untuk penghargaan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2013 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia(Kemendikbud) akan dilaksanakan pada 4 November 2013 di Plasa Selatan Gelora Bung Karno (GBK).

Mereka punya Piala Dewantara namanya yang entah apakah perhelatan ini masih ada tahun depan apa tidak seiring Permen dari UU No. 33 tahun 2009 disahkan dan angin politik bertiup kencang tahun 2014 mendatang dengan menteri baru dari presiden baru pula.

Tapi yang jelas dari dewan juri AFI 2013 yang diketuai Totok Indarto, dengan anggota : Mathias Muchus, Erwin Arnada, Nirwan Dewanto, Jajang C Noer, Dana Riza, Linda Christanty, Hafiz Rancajale, dan Wahyu Aditya telah menetapkan calon penerima Piala Dewantara untuk 18 kategori yang ditetapkan.

Menarik untuk Anda ketahui adalah kategori khusus seperti berikut ini:
Apresiasi Sutradara Perdana : Dirmawan Hatta (Optatissimus), Faozan Rizal (Habibie & Ainun), Bobby Prabowo (Kisah 3 Titik), Yosep Anggie Noen (Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya).

Apresiasi Komunitas : Cinema Lover Community, Forum Lenteng, Pecinta dan Pembuat Film Dokumenter.

Apresiasi Poster Film Bioskop : Jakarta Hati, 5 CM, Rectoverso, Langit Ke-7.

Apresiasi Media Cetak : Majalah Tempo, Koran Tempo, Tabloid Bintang Indonesia, Tabloid Film Indonesia, Majalah Gatra.

Apresiasi Media Non Cetak : filmindonesia.or.id, detik.com, kapanlagi.com, cinemapoetica.com, komunitasfilm.org, muvila.com, jurnalfootage.com

Apresiasi Lembaga Pendidikan : SAE institute, Hellomotion, Universitas Multimedia Jakarta, Institut Kesenian Jakarta, Universitas Bina Nusantara.

Apresiasi Film Festival : Festival Film Dokumenter Jogja, Festival Film Purbalingga, Festival Film Solo, Festival Film Indonesia, Festival Film Bandung, Hellofest.

Walau ada situs yang tidak bisa di akses untuk kategori apresiasi media non cetak yaitu jurnalfootage.com terkesan dipaksain padahal masih banyak situs online lainnya. Masuknya situs berita umum dan hiburan detik.com dan kapanlagi.com jadi menurut redaksi yang akan bersaing ketat adalah filmindonesia.or.id, muvila.com dan cinemapoetica.com saja.

Sementara untuk poster film miskin pilihan karena justeru ada beberapa film yang luput dari penilaian dewan juri tidak hanya yang ada di atas seperti Adriana, Cahaya Kecil, Pantai Selatan dan lainnya. Tapi yang jelas penilaian poster tetap saja menarik karena Film Nasional butuh kreativitas tinggi untuk sebuah poster yang berbicara banyak tidak hanya mempromosikan sebuah film tapi menjadi 'roh' dari film tersebut.


Bravo AFI 2013.................!