AJBS Gelar Pameran Lukisan; Tropical Uniform

AJBS Gelar Pameran Lukisan; Tropical Uniform

Surabaya, Kabarindo- AJBS menggelar pameran seni rupa yang diikuti 9 seniman dari Kelompok Tenggara di galerinya selama 10 – 24 Juni.

Mereka adalah Dadi Setiyadi, Agus Baqul Purnomo, Heri Purwanto, Januari, Luddy Astaghis, Saftari, Sumbul Pranov, Suryadi Suyamtina dan Yaksa Agus.

Event yang mengambil tema Tropical Uniform ini akan menampilkan 17 lukisan dan 18 – 20 drawing. Direktur AJBS Gallery, Soebagio Widjaja, menjelaskan Tropical Uniform adalah warna – warni budaya tropis yang diikat benang merah sebagai satu kesatuan di bawah payung ideologi bangsa Timur, pewaris nilai luhur dan kearifan lokal yang sudah mendarah daging di masyarakat.

Tenggara akan menampilkan karya yang mewakili simbol ketimuran, menafsir arti spirit bangsa Timur yang penuh kedalaman makna dan menggali kekuatan lokal yang tak dimiliki bangsa asing.

“Ke-9 seniman tersebut punya karakter sendiri – sendiri. Dengan cara masing – masing, mereka memvisualkan apa yang menjadi dasar pemikiran bangsa Timur untuk berbicara secara universal,” ujar Soebagio.

Misalnya Luddy menampilkan lukisan berjudul Thank God yang memperlihatkan sebuah keluarga sedang makan besar. Lalu ada Kasak Kusuk Kasus, lukisan karya Januari yang memperlihatkan sosok – sosok suram dalam warna gelap.

Kemudian ada New Planet karya Heri Purwanto dan White God karya Dadi Setiyadi. Lukisan Dadi memperlihatkan seorang pemuda tampan penuh tato di sekujur tubuhnya. Tampak ia sedang memegang seekor kambing.

Ada pula Spend The Time yang memperlihatkan dua robot bermain ponsel. Sementara Suryadi memajang lukisan berjudul Go yang memperlihatkan Superman sedang melamun.

Menurut Soegabio, karya para seniman tersebut bisa dimiliki seharga Rp 15 juta – Rp 70 juta dan Rp 1 juta – Rp 2 juta untuk drawing.


Tertarik.............?