APROBI; Siap Jamin Pasokan Stok BioDiesel

APROBI; Siap Jamin Pasokan Stok BioDiesel

Jakarta, Kabarindo-  Guna menyukseskan program penambahan campuran fatty acid methylester atau biodiesel pada bahan bakar minyak (BBM) dari 10% (B10) menjadi 20% (B20), untuk itu produsen Biodiesel yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Biodiesel (Aprobi) mengaku siap menjamin pemenuhan stok biodiesel.

Menurut Ketua Umum Aprobi, MP Tumanggor, saat ini pencampuan biodiesel masih sebesar 10%, dan rencananya penerapan B20 dilakukan pada tahun 2016 mendatang.

"Dalam beberapa kali rapat dengan menko perekonomian, menteri ESDM, menteri perdagangan dan lainnya, hampir seluruh pengusaha sawit yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) dan Aprobi menyatakan siap menyuplai kebutuhan dalam negeri dalam jangka pendek maupun jangka panjang jika pemerintah menetapkan B20," katanya hari ini.

Tumanggor memastikan, bahwa percepatan dari B10 menjadi B20 akan berjalan mulus karena 23 anggota Aprobi yang merupakan perusahaan crude palm oil (CPO) siap mengembangkan biodiesel. Kesiapan anggota Aprobi ini juga didukung oleh jumlah produksi CPO Indonesia yang telah mencapai 30 juta ton per tahun dengan jumlah ekspor sekitar 20 juta ton per tahun.

Hal ini berarti, tambahnya, kebutuhan dalam negeri sekitar 10 juta ton per tahun, termasuk untuk industri makanan dan biodiesel. Kondisi ini akan semakin meningkat pada tahun 2020, dimana produksi CPO bertambah menjadi 40 juta ton seperti dilansir dari laman energitoday.