Abon Ikan Kendari; Rambah Pasar Belanda

Abon Ikan Kendari; Rambah Pasar Belanda

Kendari, Kabarindo- Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Kendari Agusalim di Kendari, Minggu (3/6) kemarin.

Ia mengatakan produk olahan abon ikan dari Kendari sudah dijual hingga ke Belanda.

"Negara itu menjadi salah satu pasaran abon ikan dari daerah ini," kata Agusalim. Pihaknya intens melakukan pembinaan terhadap kelompok usaha pengolah abon ikan di Kendari agar terus meningkatkan produksi.

Bantuan yang diberikan berupa peralatan pembuatan abon ikan, mesin pres abon ikan, dan peralatan lain terkait kebutuhan peningkatan produksi abon ikan.

Ia menjelaskan, abon ikan dari Kendari sudah dikenal kualitasnya, sehingga banyak para pengusaha dari Jawa dan Sumatra yang memesan abon ikan dalam jumlah banyak dari Kendari.

Produksi abon ikan yang dihasilkan para kelompok pengolah di Kendari bisa mencapai 30 ton dalam sebulan, karena didukung ketersediaan bahan baku yang melimpah.

Beberapa kelompok usaha pengolah abon ikan yang berkembang pesat di Kendari di antaranya Kelompok Wanita Pesisir di Kelurahan Poasia Kecamatan Abeli, Kelompok Usaha Bersama Flamboyan di Kelurahan Tobimaita Kecamatan Abeli, dan Kelompok usaha bersama Citra Permata di Kelurahan Purirano Kecamatan Kendari seperti dilansir dari laman MIcom.