Ahmad Yani Basuki; Jadi Ketua LSF Baru Periode 2015-2019

Ahmad Yani Basuki; Jadi Ketua LSF Baru Periode 2015-2019

Cikini, Jakarta, Kabarindo- Salah seorang anggota LSF baru dari 17 yang sudah disetujui DPR dan mendapat SK Presiden Jokowi sudah dilantik oleh Mendikbud RI, Anies Baswedan.

Rommy Fibri yang juga jurnalis senior dan mantan aktivis pers mahasiswa menyebutkan lewat pesan sosmed whatsapp tadi malam kepada redaksi.

"Akhirnya LSF yang baru sudah dilantik selasa (15/9) siang. Langsung disusul rapat perdana dg agenda memilih Ketua/waka. Dalam suasana demokratis dan semangat baru, akhirnya terpilih Ahmad Yani Basuki sebagai Ketua LSF, setelah suaranya mengungguli Mukhlis Paeni dan Syamsul Lussa. Berduet dengan wakilnya Dody Budiatman, rencananya hari ini akan disusun masing-masing anggota komisinya," tulis Rommy lugas.

Ia bersama 16 anggota LSF lainnya akan dibantu 34 tenaga sensor yang bekerja secara bergantian untuk materi yang akan disensor sangat banyak sekali apalagi tuntutan sensor film harus menyesuaikan diri dengan zamannya serta bisa membentuk LSF di daerah-daerah karena sudah banyak televisi dengan produksi in-housenya.

"LSF menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia yang memberikan arah. Lembaga ini berperan seperti mercusuar bagi kapal-kapal akan mengikuti panduan dari mercusuar itu. Untuk itu, sensor hendaknya tidak sekedar 'main potong' film, tetapi juga mementingkan pendidikan dalam konteks kekinian dengan tanggung jawab besar," papar Anies dalam sambutannya.

Sementara itu dari pernyataan pertama ketua umum terpilih LSF baru, Ahmad Yani Basuki yang mantan staf khusus Presiden SBY berjanji mengedepankan dialog dalam proses sensor dengan pangkat terakhir Mayjen TNI.

Ia menyebut bahwa apabila ada koreksi dari LSF seperti dikurangi atau diperbaiki, tentu akan kami dialogkan dengan produser, LSF berkewajiban mendorong produktivitas insan perfilman dan menampung kehendak rakyat tentang film.


Maju terus film Indonesia..........SaveFilmIndonesia......!