Air Panas Semurup Kerinci; Jadi Tempat Favorit Wisata

Air Panas Semurup Kerinci; Jadi Tempat Favorit Wisata

Jambi, Kabarindo- Objek wisata air panas Semurup, menjadi unggulan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Jambi, untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tak pelak lagi air panas Semurup menjadi magnet. Di Kabupaten Kerinci, air panas tidak sulit untuk ditemui, karena hampir di setiap sudut Kerinci terdapat sumber air panas alami.

Ini karena di Kabupaten Kerinci terdapat gunung berapi masih aktif, yakni Gunung Kerinci.

Namun, yang lebih dikenali oleh wisatawan, dan paling sering dikunjungi adalah air panas Semurup.

Ini tidak hanya karena pemandangannya yang indah, dengan beberapa kolam yang mengeluarkan sumber air panas, namun juga terkenal karena sering menjadi lokasi bunuh diri.

Saat Tribun mengunjungi objek wisata itu, Jumat (10/1/2014), dari kejauhan tampak kepulan asap putih membubung tinggi ke udara. Kepulan asap, menandakan adanya sumber panas yang berada di sekitarnya. Semakin mendekat, kepulan asap tersebut semakin terlihat jelas.

"Setiap hari ada petugas yang berjaga. Selain untuk meminta retribusi kepada pengunjung, petugas yang ada di lokasi juga untuk memantau jika ada warga yang nekat bunuh diri," kata Kepala UPTD Air Panas Semurup, Edi Kurnain.

Tidak ada yang tahu persis kapan sumber air panas ini muncul. Menurut warga, air panas ini sudah ada sejak ribuan tahun silam.

"Sejak buyut saya dulu air panas ini sudah ada. Dulunya dikelola oleh kemendapoan, dan pada 1990 mulai dikelola pemerintah," kata tokoh masyarakat setempat, Hajrun (72), ditemui Tribun belum lama ini.

Hal senada juga dikatakan oleh Komarahman (48). Menurutnya, sumber air panas ini sempat dimanfaatkan oleh tentara Belanda sebagai tempat pemandian. 

"Beberapa kamar mandi di tempat ini merupakan bekas peninggalan Belanda, hanya atapnya saja yang diubah," jelasnya seperti dilansir dari laman tribun.