Australia; Gelar Pameran Lukisan Karya Anak Negeri

Australia; Gelar Pameran Lukisan Karya Anak Negeri

Jakarta, Kabarindo- Pameran Masters of Modern Indonesian Portraiture adalah prakarsa utama Galeri Nasional Indonesia dan menghadirkan wawasan kaya praktik lukisan Indonesia, memamerkan karya modernis utama dari 1930 hingga dasawarsa 1980an. 

Lukisan-lukisan dari koleksi Galeri Nasional Indonesia juga dipajang berdampingan dengan sejumlah karya kontemporer seniman Indonesia terdepan.
 
Ini merupakan kali pertama karya dari Galeri Nasional Indonesia dipamerkan di Australia dan kesempatan langka bagi pengunjung Australia untuk menyaksikan karya seniman terkenal Indonesia termasuk S. Sudjojono, Hendra Gunawan dan Affandi.
 
Proyek ini merupakan hasil kolaborasi antara Galeri Nasional Indonesia dan National Portrait Gallery di Australia dan diharapkan akan menjadi awal hubungan yang langgeng antara kedua lembaga tersebut.
 
Sebelas profesional budaya Indonesia melakukan perjalanan ke Australia, termasuk direktur Galeri Nasional Indonesia, dua kurator terdepan dan dua seniman untuk menghadiri pembukaan pameran.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Mohammad Nuh menyatakan dalam sambutan tertulis bahwa bahasa universal seni dapat menjadi jalan memajukan diplomasi kebudayaan kedua negara.
 
“Diharapkan juga pameran seni ini akan menjadi pintu gerbang dialog budaya yang terus-menerus antara Indonesia dan Australia.”
 
Pameran ini dengan bangga didukung oleh Pemerintah Australia melalui Lembaga Australia-Indonesia.