BK3S DKI Meriahkan HKSN 2016; Gagas Forum Sinergi STOP SINERGI

BK3S DKI Meriahkan HKSN 2016; Gagas Forum Sinergi STOP SINERGI

Graha BK3S, Paseban, Jakarta, Kabarindo- Indonesia punya Hari Kesetiakawanan Nasional disingkat HKSN 2016.

Tentu saja penghujung tahun yang aman damai dengan sinergi positif satu sama lain sangat diharapkan, bukan ?

"Mengapa stigma penting dipenghujung tahun ? Yah, tidak hanya medsos dengan banyak hoax tapi juga pemberitaan online dan tayangan membuat stigma kembali bermunculan dari berbagai dimensi, tidak hanya gender atau kesehatan, tapi juga politik, sosial, stigma SARA makin marak dan seakan tidak terkendali sampai-sampai banyak yang membabi buta. BK3S ingin menjadi sentra sinergi untuk membangun potensi anak bangsa," jelas Manurung Ketua II BK3S yang membawahi bidang kerelawanan dan lainnya beberapa waktu lalu menjelaskan mengapa ada gerakan sosial baru yakni "Sinergi Stop Stigma".

Redaksi mencatat beberapa orsos, organanisasi kemanusiaan dan para tokoh masyarakat seperti PMI DKI, LPA Indonesia, KAMI-Koalisi Anak Madani Indonesia, WoWSaveID, FKWI, KPAN, Kemsos RI, Tagana DKI,  KOPIKabarindo termasuk keterlibatan Dr. Baby Jim Aditya yang sudah malang melintang terhadap stigma Odha dan beberapa elemen masyarakat yang ber'aktivitas' yang berafiliasi menyulut problematika sehingga membutuhkan rehabilitasi sosial.

"Tentu saja sudah tahu persis bahwa penularan HIV AIDS itu dari hubungan seksual saja atau terkontaminasi darah dari penderita sehingga berpelukan, duduk berdampingan apalagi salaman tentu saja dibolehkan sehingga tidak boleh lagi ada stigma para ODHA ditempat kerja, lingkungan sosial maupun keluarganya. Belum lagi saat saya mendampingi para napi di dalam penjara yang selalu mengeluh dengan harapan yang hampir semua sama, apakah masyarakat akan bisa menerima mereka kembali ? Apalagi Stigma SARA," jelas sosok yang murah senyum yang sering disapa kak Baby ini lugas.

Sementara itu dari FKWI hadir Yuli, Kiki dan Nancy, PMI DKI Herman dan Reza termasuk pihak Tagana Bunda Wati bersama dengan komunitas Bloggers KabarBaik KOPIKabarindo, kak Kiki ikut memberikan dukungan dan apresiasi pentingnya bersatu melawan STIGMA tersebut.

Dari pertemuan tersebut yang me-agendakan susunan Forum Nasional Sinergi Stop Stigma diusulkan DR. Budiharjo. MSi yang saat ini masih menjabat sebagai salah satu Komisioner KPAI dan juga Ketua Umum Badan Koordinasi & Kegiatan Kesejahteraan Sosial DKI Jakarta dengan Ketua I-V dengan para pokjanya yang akan dirilis kemudian.

"Kami semua pekan ketiga tahun 2017 akan bertemu kembali dan merencanakan gelaran massive dengan semua organisasi sosial dan kemanusiaan lainnya karena Forum Sinergi ini terbuka untuk semua yang bertekad sama yakni STOP STIGMA. Siap untuk menggelar Deklarasi Nasional Sejuta Tangan STOP Stigma di Bunderan HI Car Free Day 29 Jan sambut Imlek 2568 bersama komunitas Tionghoa dan pemutaran Film Cek Toko Sebelah. Selain itu akan ada Workshop Relawan Stop Stigma se- DKI Jakarta di BK3S tgl 27-28 Februari 2017 bersama 20 Pembicara dan Gubernur baru DKI serta tentu saja Indonesia punya relawan atau satgas Stop Stigma dan bulletin bersama yang jangkau RT-RW dengan koordinasi tiap chapter satgas via WA," jelas AruL Muchsen dari BK3S DKI Jakarta.

Akhirnya, Forum Sinergi Stop Stigma yang disingkat Forum S3 ini berbasis digital platform dengan medsos sebagai alat komunikasi dengan semua anak negeri. Tidak hanya menjadi solusi membantu pemerintah tapi yang terpenting adalah inisiatif dari orsos dan organisasi kemanusiaan untuk membantu pemerintah dalam rehabilitasi sosial dengan mendidik mentalitas masyarakat sesuai amanat Revolusi Mental dari pemerintahan Jokowi - JK yang sama dalam pelayanan hukum, sosial, politik dan publik, tentu saja.

Apabila Anda ingin bergabung baik pribadi maupun organisasi silahkan kirim email: sinergistopstigma@gmail.com atau via twitter add akun Sinergi Stop Stigma @indonesiame73 dan FB Sinergi Stop Stigma untuk bisa bersama-sama STOP STIGMA.


Welcome Sinergi Stop Stigma.......!