BPJS Kesehatan; Rilis 3 Fokus Utama

BPJS Kesehatan; Rilis 3 Fokus Utama

Cempaka Putih, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka mempublikasikan kinerja dan sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat, hari ini BPJS Kesehatan menggelar Public Expose Laporan Kinerja BPJS Kesehatan Tahun 2015 di Ballroom IGM Brataranuh, Lantai III Gedung GA Siwabessy, Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan merilis 3 fokus utama yang akan menjadi prioritas di tahun 2016 ini.

Fokus Pertama adalah Sustainabilitas Keuangan, untuk menjamin keberlangsungan program JKN~KIS menuju cakupan semesta. Caranya melalui optimalisasi rekrutmen Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dan peningkatan pengawasan kepatuhan, serta peningkatan upaya collecting iuran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan penguatan investasi.

Fokus kedua adalah Pemantapan layanan, dalam rangka meningkatkan kepuasan seluruh peserta. Caranya dengan memperkuat sistem pelayanan on line untuk peserta PPU, implementasi Coordination of Benefit (COB), perluasan dan peningkatan kualitas fasilitas kesehatan (tingkat pertama dan Kelanjutan) khususnya optimalisasi peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai lini pelayanan tingkat pertama.

Dan, fokus ketiga adalah Optimalisasi Revolusi Mental, yaitu dengan semakin meningkatkan integritas, etos kerja dan sosialisasi prinsip serta budaya bahwa dengan gotong royong maka target JKN-KIS menuju cakupan semesta untuk seluruh rakyat Indonesia akan lebih cepat tercapai.

”Pada prinsipnya, kami akan terus melakukan perbaikan yang terus menerus walau hasilnya saat ini sudah di atas target tahunan yang sudah ditetapkan. Program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan sesungguhnya adalah re-aktualisasi dari budaya asli bangsa ini, yaitu gotong royong. Dukungan masyarakat serta stakeholder terkait sangat dibutuhkan untuk tercapainya jaminan kesehatan yang berkualitas dan berkelanjutan untuk seluruh rakyat Indonesia kelak,” ujar Fachmi ldris, Direktur Utama BPJS Kesehatan saat dijumpai rekan-rekan media usai konferensi pers tersebut.