BTN Fasilitasi TKI Punya Rumah; Awesome

BTN Fasilitasi TKI Punya Rumah; Awesome

Jakarta, Kabarindo- Dalam mewujudan pembangunan sejuta rumah, Bank BTN akan membuka keran kredit Pemilikan rumah (KPR) bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri untuk memiliki rumah di Indonesia.

“Bukan TKI saja, tetapi calon TKI dan keluarga para TKI pun dapat memanfaatkan fasilitas KPR untuk pembelian atau renovasi rumah dengan jaminan penghasilan para TKI tersebut,” kata Direktur Utama Bank BTN Maryono, dalam publikasinya, Minggu (30/8).

Dalam kunjungannya ke Seoul Korea Selatan, Maryono mengungkapkan bahwa, para TKI sebagai sumber devisa negara pasti akan membelanjakan uangnya di dalam negeri. Peluangnya sangat besar untuk para TKI membeli rumah dengan fasilitas KPR. Para TKI ini berkesempatan dan berpeluang untuk memiliki rumah di Indonesia.

“Para TKI menyambut positif. Selama ini mereka tidak terpikirkan untuk punya rumah dengan uang hasil kerja di negara lain. Kami menjemput bola dan para TKI itu langsung menangkapnya,” jelas Maryono.

Maryono mengatakan, respon positif dari para TKI tersebut akan ditindaklanjuti untuk membuat program yang sama bagi para TKI di negara lainnya. Karena mereka sebagai pahlawan devisa dengan program punya rumah melalui fasilitas KPR sangat dipastikan uang mengalir di dalam negeri. Sekaligus mengharapkan pasar para TKI ini dapat mendukung program satu juta rumah.

Maryono menambahkan, ada beberapa persyaratan untuk para TKI mendapatkan fasilitas KPR. Yaitu mereka harus WNI dan terdaftar sebagai TKI yang diperkuat dengan kontrak kerja sebagai TKI dan keterangan penghasilan sebagai TKI. Para pekerja di luar negeri ini dapat memperolah pinjaman KPR maksimum Rp 250 Juta dengan angsuran maksimum 40 persen dari penghasilan setelah dikurangi kewajiban atau hutang. Jangka waktu maksimum adalah 5 tahun dengan uang muka KPR 10 persen dan suku bunga fixed rate selama 5 tahun seperti dilansir dari laman beritasatu.