BajakJKT 10K; Siap Di Gelar 15 Desember Mendatang

BajakJKT 10K; Siap Di Gelar 15 Desember Mendatang

Jakarta, Kabarindo - Mendengar kata "bajak", maka mungkin yang terlintas dalam pikiran adalah berbagai macam arti negatif seperti tindak kejahatan atau terorisme.

Tetapi tidak dengan yang ini. "Bajak" yang dimaksud di sini adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Nike Indonesia, demi menginspirasi dan menggerakkan masyarakat Jakarta untuk "membajak" gaya hidup mereka, mencari dan menciptakan peluang bagi masyarakat kota untuk bergerak.

"Program ini akan mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaan mereka menghabiskan waktu hanya dengan nongkrong saja, menjadi masyarakat sehat yang mengisi waktu luang tersebut dengan olahraga lari," tutur Nino Priambodo, Nike Indonesia Country Marketing Manager, di Jakarta, Rabu (23/10) kemarin seperti dilansir dari laman beritasatu.

Dengan hashtag #BajakJKT, Nike memang akan mengajak warga Jakarta pada 15 Desember 2013 untuk lari bersama-sama sejauh 10 kilometer, sebagai upaya menyadarkan warga Jakarta akan pentingnya berolahraga. Kegiatan "Bajak Jakarta" ini sendiri akan diadakan setiap bulannya sampai Desember, hingga pada puncaknya masyarakat Jakarta bersama Nike akan "membajak" kota dengan #BajakJKT 10K.

"Sebenarnya kampanye ini sudah dimulai sejak tahun 2009. Kami memulai kampanye ini dengan mendatangi sekolah-sekolah di Jakarta untuk membuat kampanye lari, dan mereka pun ternyata sangat antusias," tambah Nino.

Dikatakan Nino, peserta yang sudah mendaftar nantinya akan mendapatkan tiga kali pelatihan lari dari Nike yang sekaligus memulai kampanye #BajakJKT ini. Nino beranggapan bahwa event ini akan menjadi pengalaman yang unik dan interaktif bagi pelari.

Rencananya, partisipan akan mulai berlari dari Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dan selesai di tempat itu juga. Kemudian pelari akan merayakan pencapaiannya di area Race Village, yang didesain sedemikian rupa serta akan menampilkan kegiatan-kegiatan unik dan pertunjukan menarik dari musisi lokal. Para pelari juga dapat mempersiapkan diri untuk hari perlombaan melalui inovasi Nike+, sebuah komunitas lari dengan lebih dari 18 juta anggota di seluruh dunia.

Bagi warga Jakarta dan luar Jakarta yang ingin mengikuti gerakan ini, dapat mendaftarkan dirinya secara online mulai tanggal 31 Oktober 2013, ataupun mendaftar secara langsung di seluruh toko Nike di Jakarta, tanggal 1 November 2013. Nantinya, peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp200.000 bagi yang berusia di atas 25 tahun, atau Rp125.000 bagi yang di bawah 25 tahun. Namun jika ingin lebih murah, peserta boleh mendaftar langsung untuk dua orang, yang hanya dikenakan biaya Rp250.000.

Disebutkan, pendaftaran akan resmi ditutup pada akhir November. Kemudian, seminggu sebelum hari-H, peserta akan mendapatkan race pack berupa baju dan aksesoris dari Nike. Nino pun menyebutkan, pada lomba ini peserta tidak akan dikelompokkan dalam kategori tertentu, karena lombanya bersifat umum dan bertujuan menciptakan gaya hidup olahraga di masyarakat.

#BajakJKT 10K sendiri merupakan event lari Nike yang pertama di Indonesia dan akan menargetkan sekitar 10.000 ribu pelari pada hari-H. Selain menjadi momentum perayaan di Jakarta, #BajakJKT 10K juga merupakan bagian dari gerakan "Nike We Can Run" secara global, yang ditujukan untuk merayakan, memotivasi dan menginspirasi atlet dari seluruh dunia. Jakarta akan menjadi salah satu dari 26 kota besar di dunia, seperti Seoul, Singapura dan Mexico City, yang mengadakan event ini.