Bandara Ngurah Rai; Mulai Dipadati Arus Balik Pemudik

Bandara Ngurah Rai; Mulai Dipadati Arus Balik Pemudik

Denpasar, Bali, Kabarindo- Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali, dua hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah mulai dipadati arus balik di terminal keberangkatan domestik menuju sejumlah kota di Indonesia.

"Dari pergerakan penumpang, saat ini dua hari setelah hari raya, bandara mulai dipadati arus keberangkatan atau balik," kata Ketut Dana selaku penanggung jawab Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran 2013 Bandar Udara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Sabtu (10/8) seperti dilansir dari laman beritasatu.

Menurut dia, meskipun bandara dipadati arus balik yang sebagian besar merupakan wisatawan domestik, namun untuk tingkat kedatangan penumpang domestik masih terpantau tinggi.

Data dari posko setempat menunjukkan, peningkatan arus balik mulai terlihat sejak Jumat (9/8) atau sehari setelah Lebaran dengan jumlah penumpang domestik yang meninggalkan Pulau Dewata mencapai 13.732 orang yang diangkut menggunakan 110 pesawat terbang termasuk tiga pesawat di antaranya merupakan penerbangan tambahan.

Jumlah penumpang tersebut meningkat hampir 28% jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 10.705 penumpang baik penerbangan berjadwal maupun penerbangan tambahan.

Arus kedatangan domestik di bandara internasional itu masih tetap tinggi yakni mencapai 13.306 orang yang diangkut menggunakan 107 pesawat terbang.

Jumlah tersebut meningkat sekitar tujuh persen jika dibandingkan periode sama pada Lebaran tahun 2012 yang mencapai 12.747 penumpang.

Sementara itu, pada H+2 setelah Lebaran untuk keberangkatan domestik tercatat 30 frekuensi penerbangan yang dilayani oleh sejumlah maskapai penerbangan mulai pukul 11.00-16.00 Wita.

Sebagian besar kota tujuan penerbangan tersebut melayani rute Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (11/8), tiga hari setelah Lebaran mengingat mulai Senin (12/8) masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasanya dan libur panjang telah usai.