Basha Arcade Di Surabaya; Kembangkan Talenta Pelaku Industri Kreatif

Basha Arcade Di Surabaya; Kembangkan Talenta Pelaku Industri Kreatif

Surabaya, Kabarindo- ​Basha Arcade, marketplace produk kreatif yang mengedepankan pengalaman visual bagi pengunjung, kembali digelar di Surabaya.

Event ini berlangsung di Ciputra World Surabaya pada 28-30 April 207 dengan mengusung tema Imaginarium, sebuah armada keajaiban yang membawa para penumpang ke dalam pelayaran imajinasi.

Kali ini Basha Arcade menyuguhkan pameran dan instalasi seni yang terinspirasi oleh steampunk, gaya desain yang menggabungkan unsur sejarah dengan fitur teknologi anakronistik yang terinspirasi oleh fiksi ilmiah.

Co-Founder Basha Market, Christie Erin Harsono, menjelaskan pihaknya menggelar Basha Market karena ingin menjadi wadah apresiasi bagi segenap pelaku industri kreatif di Surabaya dan nantinya di pasar nasional dan global.

“Sebagai kota dengan perekonomian kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya memiliki pasar industri kreatif yang besar. Kaum muda Surabaya harus mendapat tempat dan diberi kesempatan untuk berkibar di industri kreatif. Dari sini kita akan pelan-pelan mengembangkan pasar industri kretif,” ujarnya.

Menurut Erin, tiap event Basha menjangkau orang-orang dari berbagai lingkup industri kreatif untuk menciptakan berbagai instalasi unik yang akan dipamerkan. Upaya kolaboratif ini menghasilkan moniker "Basha X" yang membantu dalam membawa talenta
kreatif berkumpul dan menghasilkan karya yang menakjubkan serta membuktikan kemampuan industri kreatif lokal.

“Dengan lebih banyak pesaing, kami terus memperbarui kegiatan dan membawa lebih banyak program serta vendor yang baru dan menarik agar bisa terus menyajikan kebaruan dalam setiap event,” ujarnya.

Berbagai brand ternama selalu berpartisipasi dalam Basha Arcade. Imaginarium siap memberikan pengalaman yang mengesankan. Videografer Raditya Bramantya dan Vicky Tanzil dari Jakarta juga akan menampilkan interpretasi mereka tentang Imaginarium dengan video yang dibuat khusus untuk acara ini.

Sebagai platform kreatif, Basha Arcade tidak hanya menghadirkan ratusan kreator lokal, namun juga menyelenggarakan beberapa workshop unik, seperti workshop Basic Blacklettering oleh Eko Fitriono dari Jakarta, Illustration Embroidery bersama Irene Saputra dari Jakarta dan Fabric Painting bersama duo Bandung VNDR.