Bawaslu RI; Gelar Award 2016 Hari Ini

Bawaslu RI; Gelar Award 2016 Hari Ini

MH Thamrin, Jakarta, Kabarindo- Dalam rangka memberikan apresiasi terhadap Pengawas Pemilu dan Stakeholders yang telah berpartisipasi menyukseskan Pilkada Serentak 2015 lalu.

Malam nanti, Senin 29/02/2016 Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu R.I) akan menggelar Bawaslu Award 2016 yang akan diselenggarakan di Balai Sarbini, Jend. Sudirman, Jakarta, pada pukul 19.00 WIB.

"Kami akan menggelar malam penganugerahan dan acara ini sebagai  wujud apresiasi kepada pengawas pemilu dan para stakeholders yang telah ikut berkontribusi dan ikut menyukseskan Pilkada Serentak tahun lalu (2015)," ujar Nasrulloh, Komisioners Bawaslu R.I dalam konferensi persnya terkait kesiapan acara malam penganugerahan Bawaslu Award 2016 di ruang Media Center Bawaslu R.I, M.H  Thamrin, Jakarta, 28/02/2016.

Lanjut Nasrulloh, menambahkan, dengan  kontribusi nyata mereka dan ikut mewujudkan Pilkada Serentak yang berkualitas, berintegritas, dan bermartabat, Bawaslu R.I akan memberikan reward atau penghargaan kepada jajaran pengawas Pemilu di daerah dan juga para pihak-pihak terkait.

Pemberian penghargaan dilakukan berdasarkan penilaian dari Bawaslu R.I dan tim independen serta hasil survei dalam bentuk kuesioner yang disebarkan ke Bawaslu Provinsi dan Panwas Kabupaten/Kota yang mengawasi jalannya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2015.

"Ada 20 kategori penganugerahan yang akan diberikan Bawaslu R.I pada besok malam kepada para nominator yang telah diseleksi secara ketat dan melalui putusan pleno Pimpinan Bawaslu R.I. Katagori tersebut terdiri dan terbagi dalam dua pengawasan, yakni 17 nominasi penilaian terbaik dari pengawasan internal dan 3 nominasi penilaian terbaik dari pengawasan eksternal," jelas Nasrulloh.

Berikut ini 17 nominasi penilaian terbaik dari pengawasan internal, antara lain berkaitan dengan penyelesaian sengketa Pilkada 2015, penindakan dan penanganan pelanggaran Pilkada 2015, pengawasan tahapan Pilkada 2015, pengawasan partisipatif Pilkada 2015, sosialisasi, humas dan hubungan antar lembaga Pilkada 2015, pengelolaan dana hibah Pilkada 2015, Sekretariat Bawaslu Provinsi Pilkada 2015, Panwas Kabupaten/Kota Pilkada 2015, Panwas Kecamatan Pilkada 2015, PPL Pilkada 2015, Pengawas TPS Pilkada 2015, dan beberapa supervisi serta monitoring dan evaluasi Pilkada 2015, diantaranya mengenai penyelesaian sengketa Pilkada 2015, penindakan dan penanganan pelanggaran, pengawasan tahapan, pengawasan partisipatif, sosialisasi, humas dan hubungan antar lembaga, dan terhadap fasilitasi dari Pemerintah Daerah Pilkada 2015.

Dan berikut ini 3 nominasi penilaian terbaik dari pengawasan eksternal, diantaranya program acara Pilkada 2015, presenter acara Pilkada 2015, dan pengamat Pilkada 2015.

Diluar dari 20 katagori tersebut, Bawaslu R.I juga akan memberikan penghargaan kepada Lembaga dan Kementerian Negara, Pemerintah Daerah Provinsi, Tokoh Adat/Agama/Masyarakat di Provinsi, Pemerintah  Daerah Kabupaten/Kota, Media Massa Cetak, Radio, dan Online, Pemantau Pilkada, serta Tokoh Bangsa dan Pengamat Politik yang turut menyukseskan Pilkada Serentak tahun 2015.

"Kami akan berikan juga penghargaan kepada lembaga dan masyarakat serta media massa baik cetak, elektronik dan online yang telah turut berkontribusi dan bekerjasama dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2015 tahun lalu," kata Nasrulloh.

Pada malam penganugerahan besok, rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden R.I, Menteri Dalam Negeri, para pimpinan lembaga negara, para kepala daerah hasil Pilkada tahun 2015 yang telah dilantik, sejumlah Menteri Kabinet Jilid II, dan seluruh jajaran  Bawaslu pusat dan daerah.

Hadir dalam acara konferensi pers pada siang tadi, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara, Hamiruddin Udu, Ketua Bawaslu Provinsi Kepri, Zaki Persada, Anggota Bawaslu Jawa Timur, Sri Sugeng Pujiatmiko dan Wakil Ketua KPI, Iddy Muzzayat.