Biro Travel Eropa; Minati Destinasi Sleman

Biro Travel Eropa; Minati Destinasi Sleman

Sleman, Kabarindo- Dari rilis yang diterima redaksi.

Kabupaten Sleman sebagai salah satu pilot project nasional Sustainable Tourism Development (STD) mengikuti promosi wisata dalam ajang Pacific Asia Travel Association (PATA) Travel Mart 2016 yang diselenggarakan pada tangal 7 – 9 September 2016 di ICE BSD City Tangerang Banten. Keikutsertaan Kabupaten Sleman dalam booth bersama dengan beberapa daerah lain ini difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata RI.

PATA merupakan organisasi yang beranggotakan lebih dari 97 National Tourism Organisation dari berbagai negara didunia, 100 perusahaan maskapai penerbangan internasional, puluhan perusahaan pelayaran internasional, 150 institusi pendidikan papan atas serta ribuan perussahaan yang bergerak dibidang pariwisata. PATA Travel Mart 2016 ini merupakan yang ke-39 kalinya, dan sebagai tuan rumah Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi, TP, MM mengharapkan dengan keikutsertaan Kabupaten Sleman dalam ajang internasional ini dapat memberikan referensi kepada para buyers dan pengunjung pameran tentang destinasi wisata di Kabupaten Sleman. Untuk selanjutnya mereka akan memasukkan agenda-agenda kunjungan wisatanya di beberapa destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sleman.

Destinasi wisata unggulan yang dapat dijual secara internasional diantaranya Candi Prambanan, Museum Ullen Sentalu, Museum Gunungapi Merapi, Volcano Tour Merapi dan Sendratari Ramayana. Selain itu masih terdapat banyak pilihan yang mungkin bisa dijadikan paket-paket wisata.

Selain untuk mempromosikan destinasi wisata, keikutsertaan Kabupaten Sleman juga dimaksudkan untuk mensosialisasikan Kabupaten Sleman sebagai salah satu pilot project Program Sustainable Tourism Development (STD). Yang dalam hal ini pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Sleman mengedepankan pada aspek-aspek keberlanjutan yang meliputi manajemen, lingkungan, sosial budaya dan ekonomi.

Salah satu buyer asal Hungaria Timea Nyul dari Vista Travel Agencies menyatakan ketertarikannya terhadap daya tarik yang ditawarkan Kabupaten Sleman. Meskipun selama ini baru mengenal Candi Borobudur, pihaknya akan mencoba menawarkan potensi Sleman kepada para kliennya. Karena Sleman ternyata tidak jauh dari Candi Borobudur.