Blue Bird Rilis Taksi Khusus Disabel

Blue Bird Rilis Taksi Khusus Disabel

Jakarta, Kabarindo- Perusahaan jasa transportasi PT Blue Bird meluncurkan layanan terbaru bernama "Blue Bird Lifecare Taxi", yaitu layanan taksi yang didesain khusus bagi penyandang cacat atau disabel.

Hadir dalam acara peluncuran yang dilakukan di Balai Kota DKI, Rabu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama serta Wakil Menteri Perhubungan RI Bambang Susantono.

"Layanan terbaru ini memberikan aksesibilitas kepada disabel di Jakarta untuk melakukan perjalanan dengan aman, nyaman, mudah dan personalized," kata Direktur Utama PT Blue Bird Purnomo Prawiro di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Dalam layanan terbaru itu, menurut dia, taksi Blue Bird telah didesain khusus dengan dilengkapi fitur kursi otomatis yang berguna untuk menaikkan atau menurunkan penumpang.

"Dengan begitu, kami berharap layanan ini dapat membantu para disabel, ibu hamil, manula dan pengguna kursi roda dalam melakukan perjalanan dari tempat ke tempat dengan lebih mudah," ujar Prawiro.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menuturkan Jakarta merupakan kota yang beruntung karena sudah ada layanan taksi khusus disabel.

"Apalagi kalau tarifnya tetap terjangkau namun pelayanannya terus ditingkatkan, maka saya yakin akan semakin banyak warga yang menggunakan taksi. Lagi pula, keberadaan taksi juga bisa membantu mengurangi kemacetan di ibu kota," tutur Basuki.

Sementara itu, Wakil Menteri Perhubungan RI Bambang Susantono mengungkapkan Jakarta akan dijadikan sebagai kota percontohan bagi penerapan taksi khusus disabel di kota-kota lain di Indonesia.

"Karena taksi ini merupakan layanan transportasi untuk warga berkebutuhan khusus yang pertama di Indonesia, dan pertama kali diterapkan di Jakarta. Jadi, kita berharap taksi khusus ini bisa diterapkan di kota-kota lain," ungkap Bambang.

Dalam acara tersebut, PT Blue Bird meluncurkan lima armada Lifecare Taxi yang dalam beberapa waktu ke depan akan ditambah sesuai kebutuhan.

Tarif yang digunakan untuk taksi khusus tersebut, yakni flag fall sebesar Rp7.000, untuk kilometer berikutnya Rp3.600 per kilometer dan biaya tunggu Rp42.000 per jam seperti dilansir dari laman antaranews.