Bogor Organic Fair; Kembali Digelar

Bogor Organic Fair; Kembali Digelar

Jakarta, Kabarindo- Bogor Organic Fair (BOF) yang merupakan ajang mengangkat citra tanaman atau pertanian organik kembali digelar mulai hari ini (Jumat, 11/9). BOF yang ke-5 ini bertema Organic Street Food akan berlangsung di GOR Pajajaran Bogor, Jawa Barat, hingga Minggu (13/9).

BOF ingin menunjukkan bahwa produk organik telah menjadi kebutuhan dan bagian dalam gaya hidup. Melalui ajang BOF yang ke-5 ini, bisa dilihat bermacam produk lokal dan organik dengan aneka bentuk olahan khas dan tradisional dari berbagai daerah.

"Selain itu, kita juga semakin mengenal produk organik sebagai produk yang berkualitas dan bisa didapatkan atau dinikmati dengan mudah dan harga yang terjangkau,” jelas Andreas Setiawan, Koordinator Panitia BOF 5.

Tahun ini, BOF menargetkan ada 10 ribu pengunjung yang datang. BOF merupakan aktivitas tahunan yang digelar AOI.

“BOF sebagai even tahunan dan nasional ini diharapkan bisa menggerakkan publik untuk berperan aktif dalam menjaga dan menerapkan pola hidup sehat secara organik. Baik pola makan, bertani, maupun dalam kebiasaan sehari-hari,” ungkap Rasdi Wangsa yang juga Direktur Eksekutif Aliansi Organis Indonesia (AOI).

Dikatakan, dengan mengonsumsi pangan organik, masyarakat bisa lebih sehat dan petani bisa lebih sejahtera karena hasil panen lebih baik dengan harga yang relatif lebih tinggi.

BOF diisi dengan sejumlah acara edukatif dan menghadirkan Andre Leu yang juga President International Federation of Organic Agricultural Movements (IFOAM) yang menyampaikan orasi bukunya The Myth of Safe Pesticide. Buku ini mendapatkan penghargaan NIEA (National Indie Execelent) Award.

Kemarin (Kamis, 10/9), Andre juga sudah memberikan sejumlah argumentasi tentang pentingnya produk organik dalam seminar di Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (Balittro) Bogor yang bernaung di bawah Kementerian Pertanian. Hadir juga dalam sesi tersebut Direktur Indonesian Organic Farming Certification (Inofice) Agus Kardinan.

Selain pameran produk organik dan lokal, BOF juga diisi dengan aneka diskusi tentang SNI Multikualitas Beras Organik, acara memasak interaktif, serta bincang-bincang dengan narasumber, pakar, dan pelaku organik seperti dilansir dari laman beritasatu.