Deddy Mizwar; Dinobatkan Jadi Anggota Kehormatan PKBSI

Deddy Mizwar; Dinobatkan Jadi Anggota Kehormatan PKBSI

Jakarta, Kabarindo - Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia menobatkan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai anggota dewan kehormatan organisasi tersebut.

Penobatan itu berlangsung pada acara "halal bi halal" PKBSI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Jumat petang, melalui pemasangan pin organisasi itu oleh Ketua Umum PKBSI H Rahmat Shah didampingi Sekjen PKBSI Tony Sumampau dan disaksikan Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Kementerian Kehutanan Novianto Bambang W.

Usai penobatan tersebut Wagub Jabar Deddy Mizwar mengaku bahwa perkenalan dan interaksi dengan organisasi yang terkait dengan satwa adalah hal baru baginya.

"Meskipun di keluarga kami, sebenarnya tidak asing dengan satwa karena anak-anak juga berinteraksi dengan satwa kucing dan burung," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai komitmen Pemprov Jabar dalam hal kesejahteraan satwa, seperti keberadaan kebun binatang maupun taman satwa, ia menjelaskan bahwa dirinya tentu akan mendukung.

Contohnya, kata dia, jika masyarakat di Jabar selama ini mengenal ada Kebun Binatang Bandung dan juga Taman Safari Indonesia (TSI) di Cisarua, Kabupaten Bogor, maka ke depan perlu difasilitasi lagi adanya kebun binatang dan taman satwa lebih banyak.

Ia bahkan menyebut Kabupaten Garut kemungkinan bisa dipersiapkan adanya kebun binatang atau taman satwa sehingga masyarakat dapat mendapatkan hiburan dan edukasi dari keberadaannya.

Sementara itu, Ketua Umum PKBSI H Rahmat Shah menjelaskan bahwa masyarakat perlu mendapatkan informasi dan sosialisasi mengenai peran dan fungsi taman satwa dan kebun binatang secara komprehensif.

Menurut dia, sekurangnya ada empat peran dan fungsi dari taman satwa dan kebun binatang, yakni konservasi, pendidikan, riset/penelitian dan juga rekreasi.