Dinkes Boven Digoel; Distribusikan Kartu Papua Sehat

Dinkes Boven Digoel; Distribusikan Kartu Papua Sehat

Jayapura, Kabarindo- Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel, Papua, sedang mendistribusikan Kartu Papua Sehat (KPS) tahap pertama kepada 20 puskesmas diwilayah tersebut.

Ketua tim pendistribusian KPS di Boven Digoel Alexander Krisifu di Jayapura, Senin, mengaku mendapat informasi pendistribusian KPS dari Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr Vivian, ketika tim yang dipimpinnya mendistribusikan KPS tahap kedua di Boven Digoel pada Senin (11/5).

Ia mengatakan sebagian besar KPS yang didistribusikan pada tahap pertama oleh tim UP2KP pada 2014 kepada 20 puskesmas, sudah ditindaklanjuti dengan penyaluran kepada warga.

"Jumlah KPS tahap pertama yang diterima Dinkes Boven Digoel 19.500 lembar kartu dan sudah distribusikan ke puskesmas, sisa kartu yang masih berada di Dinkes sebanyak 8.000 lembar kartu," ucap dia.

Alexander mengatakan masing-masing puskesmas mendapat jatah KPS 100-500 kartu untuk didistribusikan kepada masyarakat penerima manfaat.

Pendistribusian dari puskesmas ke warga, menurut dia, berjalan lancar. Sebagian warga belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) tidak berhak atas kartu itu.

"Warga yang tidak memiliki KTP dan KK belum mendapat KPS karena sesuai surat edaran dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua, warga yang mengantongi kartu sehat tersebut harus memilik KTP dan KK," ujarnya.

Ia mengatakan sebagian warga di Boven Digoel sudah menggunakan KPS untuk berobat dan mendapatkan layanan kesehatan seperti dilansir dari laman antaranews.