Diplomasi Bilateral Marathon Menlu Retno Marsudi; Berlangsung Sukses

Diplomasi Bilateral Marathon Menlu Retno Marsudi; Berlangsung Sukses

Jakarta, Kabarindo- Update info dari KBRI Bangkok.

Tak ingin kehilangan waktu tanpa diplomasi, di sela-sela Pertemuan ASEAN-European Ministerial Meeting (AEMM) ke-21, 14 Oktober 2016 di Bangkok, Menlu RI, Retno Marsudi, mengadakan pertemuan bilateral secara marathon dengan sejumlah Menlu atau Ketua Delegasi sejumlah negara Eropa yang menghadiri AEMM dimaksud.

Dalam kurun waktu hanya beberapa jam, Menlu Retno Marsudi mengadakan pertemuan secara bergiliran dengan 8 Ketua Delegasi negara-negara Eropa yaitu Menlu Luksenburg, Jean Asselborn; Menlu Belanda, Koenders; Menlu Denmark, Kristian Jensen; Menlu Latvia, Edgars Rinkevics; Secretary of State for European Affair  Perancis,  Harlem Desir; Under Secretary of State for development Cooperation, Africa and the Middle East, Asia, Economic Diplomacy and Human Rights dari Republic Polandia,  Joanna Wronecka; dan Wakil Menlu Republik Italia, Della Vedova

Dengan 8 mitranya tersebut dicapai berbagai kesepakatan antara lain dengan Menlu Luksendburg disepakati rencana kunjungan Menlu Luksenburg ke Indonesia pada tahun 2017 guna meningkatkan kerjasama kongkrit antara kedua negara di berbagai bidang. Dengan Menlu Belanda disepakati komitmen Indonesia dan Belanda untuk meningkatkan kerjasama di bidang infrastruktur, khususnya pengembangan pelabuhan.

Dengan Menlu Denmark disepakati bahwa kedua negara akan meningkatkan kerjasama dialog antar agama, kerjasama maritim, kerjasama perdagangan dan infrastruktur. Dengan Menlu Latvia  disepakati antara lain untuk segera menyepakati Mou on Cultural Cooperation. Kesepakatan ini akan menjadi payung hukum dalam peningkatan kerja sama budaya antara kedua negara.

Selanjutnya dalam pertemuan dengan  Secretary of State for European Affair  Perancis disampaikan bahwa Perancis mengapresiasi peran aktif Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, termasuk dalam persiapan pelaksanaan International Peace Conference yang digagas oleh Perancis. Dengan Under Secretary of State for development Cooperation, Africa and the Middle East, Asia, Economic Diplomacy and Human Rights Republic Polandia, disepakati mengenai pentingnya penguatan konektivitas, termasuk kerja sama antar maskapai penerbangan kedua negara, yaitu Garuda dan LOT Polish Airlines. Diharapkan kerja sama ini akan menghasilkan rute penerbangan langsung dari Warsawa ke Jakarta atau Denpasar. Dibicarakan pula mengenai rencana kunjungan Presiden Polandia ke Indonesia pada tahun 2017. Dengan Wakil Menlu Italia disepakati bahwa Indonesia dan Italia akan meningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi.