Disbudpar DKI; Siap Gelar Lebaran Betawi Di Monas

Disbudpar DKI; Siap Gelar Lebaran Betawi Di Monas

Jakarta, Kabarindo-  Untuk menjadikan budaya Betawi sebagai tuan rumah di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap mempertahankan perhelatan Lebaran Betawi. Acara ini telah menjadi agenda tahunan, dan telah dilaksanakan enam kali di Jakarta.

Tahun ini, Lebaran Betawi akan digelar di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, mulai besok, Sabtu (31/8) hingga Minggu (1/9).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Arie Budhiman menerangkan yang menjadi panitia pelaksana sekaligus tuan rumah pelaksanaan Lebara Betawi adalah Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

"Untuk tahun ini, Lebaran Betawi mengambil tema Berpadu Wujudkan Jakarta Baru. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam acara ini akan ada berbagai pertunjukan budaya Betawi serta kuliner asal Betawi. Semuanya gratis, jadi silakan nikmati acara ini bersama keluarga di akhir pekan," kata Arie di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (30/8).

Arie memaparkan kegiatan ini merupakan wadah komunikasi dan silaturahmi masyarakat Jakarta yang multikultur dengan mengangkat tradisi nilai-nilai luhur masyarakat Betawi. Diharapkan acara kebudayaan ini dapat mewujudkan Kota Jakarta sebagai kota budaya dan pusat kebudayaan nusantara.

Untuk menunjukkan itu, dalam acara tersebut akan digelar gaya silaturahmi warga Betawi saat merayakan Hari Lebarannya. Yaitu dengan menggunakan anteran makan berbagai macam. Saat pembukaan, akan ada prosesi anteran (hantaran) dari lima wilayah kepada Gubernur DKI Jakarta.

Ditambah lagi dengan berbagai penampilan atau atraksi budaya khas Betawi akan ditampilkan seperti atraksi tari-tari Betawi, tanjidor, gambang kromong, keroncong Jakarta, wayang kulit Betawi, sambrah, orkes melayu (Mashabi, Johana Satar), ondel ondel, layar tancep, lenong Betawi, palang pintu, topeng, sohibul hikayat, permainan tradisional Betawi.

"Bagi yang senang dengan kuliner Betawi, ada juga sajian makanan dan minuman khas Betawi antara lain bir pletok, geplak, wajik, kerak telor dan sebagainya. Selain itu, disediakan pula produk budaya Betawi berupa batik/busana Betawi, cinderamata, arsitektur Betawi," tambahnya seperti dilansir dari laman beritasatu.