Dishub Bekasi; Perluas Kapasitas Tampung Angkutan Umum

Dishub Bekasi; Perluas Kapasitas Tampung Angkutan Umum

Bekasi, Kabarindo- Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat segera mengimplementasikan perubahan bentuk angkutan umum yang beroperasi di wilayah setempat.

Salah satunya dengan dengan memperluas kapasitas daya tampung.

"Perubahan bentuk dimaksudkan sebagai salah satu solusi kemacetan yang coba kami tempuh," kata Kepala Dishub Kota Bekasi Supandi Budiman di Bekasi, Kamis (18/6).

Supandi menjelaskan, perubahan bentuk yang dimaksud berupa penggantian armada angkutan umum yang semula berupa minibus dari berbagai merek, menjadi armada dengan daya tampung lebih besar.

"Kami proyeksikan perubahannya dari tiga angkutan umum berjenis minibus menjadi satu armada lebih besar dengan kapasitas daya tampung sama seperti tiga unit angkot," kata Supandi.

Penggantian jenis sekaligus peremajaan angkutan umum ini diberlakukan untuk pemilik yang sama. Supaya memudahkan peremajaan, tiga angkot yang akan diganti harus merupakan milik pengusaha yang sama.

Peremajaan akan dilakukan bertahap dengan trayek K 02 Bekasi-Pondok Gede sebagai percontohannya. Ia berharap, peralihan ini bisa berjalan lancar, sehingga harapan mengatasi kemacetan yang terjadi bisa tereallisasi.

"Dengan peremajaan yang mengurangi volume angkutan umum di jalanan, tentu beban jalan berkurang, sehingga mudah-mudaha saja kemacetan pun bisa teratasi," ujar Supandi seperti dilansir dari laman beritasatu.