Dua Rumah Sakit Baru; Kini Hadir Untuk Masyarakat Pelosok

Dua Rumah Sakit Baru; Kini Hadir Untuk Masyarakat Pelosok

Sampit, Kalteng, Kabarindo- Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, membutuhkan rumah sakit baru di kawasan utara dan selatan agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih maksimal.

"Saya berharap keinginan kita membangun rumah sakit di kawasan utara dan selatan, bisa terwujud tahun ini. Mudah-mudahan pemerintah pusat juga mendukung ini," kata Bupati Kotim, H Supian Hadi di Sampit, Senin.

Pemerintah Kabupaten Kotim sudah mengusulkan pembangunan rumah sakit tipe D di dua kawasan yaitu utara dan selatan. Pembangunan rumah sakit di kawasan utara rencananya berlokasi di Parenggean, sedangkan di kawasan selatan berlokasi di Samuda. Dua tempat itu cukup strategis dan mudah diakses masyarakat kecamatan dan desa lain di sekitarnya.

Pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan dua rumah sakit tersebut. Janji pemerintah pusat membantu pembangunannya diharapkan bisa terealisasi tahun ini.

Luasnya wilayah Kotim membuat pelayanan kesehatan belum semaksimal seperti harapan masyarakat. Seperti di kawasan utara, masyarakat setempat harus menempuh perjalanan berjam-jam jika ada warga yang sedang sakit serius dan harus dirujuk ke RSUD dr Murjani.

Jika dua rumah sakit tersebut beroperasi, maka pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Kotim diharapkan bisa terlayani dengan baik. Ini juga untuk mengurangi tingkat risiko kematian bagi pasien jika harus dirujuk ke rumah sakit.

"Untuk langkah cepat, seluruh puskesmas diupayakan bisa melayani rawat inap. Jadi kalau masih bisa ditangani di puskesmas maka tidak perlu buru-buru dirujuk ke RSUD dr Murjani," harap Supian.

Saat ini kondisi RSUD dr Murjani Sampit sudah tidak ideal lagi karena sering tidak mampu menampung pasien. Bahkan bukan pemandangan aneh lagi jika ada pasien yang sampai dirawat di selasar karena ruang penuh pasien seperti dilansir dari laman antaranews.