Expo HUT Kutai Timur; Diikuti 247 Peserta

Expo HUT Kutai Timur; Diikuti 247 Peserta

Sangatta, Kabarindo- Expo dan Pameran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur tahun 2013 diikuti 247 peserta yang terdiri dari unsur pemerintah, swasta, perbankan dan pelaku UMKM.

Ketua Panitia HUT ke-14 Kutai Timur H Mugeni, Rabu, mengatakan Expo 2013 yang dibuka Selasa (8/10) akan berakhir pada 12 Oktober 2013.

Menurut dia, pesertanya berasal dari semua kantor SKPD, 18 kecamatan, BUMN, BUMD dan UMKM dan perbankan, serta TNI dan Polri, dengan total 147 stan.

"Banyak sekali produk unggulan daerah dan hasil para UMKM yang ditampilkan, juga makanan khas daerah disajikan dalam event tahun ini," kata Mugeni.

Ia juga mengatakan bahwa selama expo dan pameran juga setiap malam ada hiburan rakyat, artis ibukota dan lokal serta tarian tradisional serta banyak sekali hasil karya masyarakat Kutai Timur yang menarik untuk dikunjungi.

Sementara itu, sebelumnya Bupati Kutai Timur Isran Noor mengatakan melalui Expo dan Pameran ini, masyarakat bisa mengetahui kemajuan dalam berbagai sektor, baik bidang pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah melalui masing-masing satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun kontribusi pihat swasta serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kabupaten Kutai Timur dengan umur 14 tahun, kata Isran, ibarat masih belum dewasa, kalau disamakan dengan umur seorang manusia.

Tetapi dengan kondisi itu, katanya, sudah cukup banyak karya dan kontribusi untuk kepentingan masyarakat bahkan peran kutim dalam pembangunan bangsa dan negara.

Salah satu keberhasilan yang dicapai sejak tahun 2008, tingkat kemiskinan masyarakat mencapai 30 persen dan pada tahun 2012 tinggal 6,1 persen.

"Artinya dalam waktu kurang lima tahun pengurangan tingkat kemiskinan di daerah ini luar biasa hingga mencapai angka 23,9 persen," katanya.

Ia menambahkan, sebanyak 6 persen dari angka itu yang tercatat sebagai warga miskin adalah warga migrasi atau pendatang di mana tercatat sebagai warga yang belum memperoleh penghasilan dan belum memiliki tempat tinggal yang permanen, sedangkan masyarakat lokal sudah lumayan kehidupannya.

Isran mengatakan melalui kegiatan expo dan pameran itu pihaknya ingin memperlihatkan keberhasilan pembangunan kepada rakyat Kutai Timur.

"Melalui Expo dan Pameran ini, masyarakat bisa melihat apa dan bagaimana hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah daerah," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.

Pada pembukaan Expo dan Pameran itu hadir antara lain Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman, Ketua DPRD Alfian Aswat, seluruh Kepala Dinas lingkup Pemkab Kutim, Danlanal Letkol Sigit Sugianto, Dandim 0909/SGT Letkol Inf Andi Gunawan, Kapolres AKBP Edgar Diponegoro dan sejumlah pimpinan perbankan.