Festival Kanal; Siap Marakkan HUT Ke-407 Kota Makassar

Festival Kanal; Siap Marakkan HUT Ke-407 Kota Makassar

Makassar, Kabarindo- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-407 Kota Makassar pada 9 November, sejumlah kegiatan digelar di antaranya festival kanal.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Makassar, Rahman Bando di Makassar, Senin, mengatakan festival kanal akan diisi beberapa rangkaian lomba.

"Di HUT ke-407 Makassar ini, ada begitu banyak kegiatan yang digelar pemerintah kota, mulai dari yang skala nasional hingga skala internasional. Dari banyak agenda, satu di antaranya itu festival kanal," ujarnya.

Ia mengatakan, festival kanal yang diselenggarakannya pertama kalinya ini akan mengambil tempat di Jalan Monginsidi dimana sejumlah kegiatan digelar di sekitar kanal.

Diantaranya lomba mancing hadiah, lomba perahu dayung, lomba pukul bantal, lomba mancing 1000 ekor ikan lele dan acara makan bersama warga di sekitar kanal.

"Masyarakat bisa mendaftar di kantor Lurah Rappocini ataupun kantor DKP3," ujar Rahman usai rapat persiapan kegiatan HUT ke-407 Makassar.

Adik kandung Bupati Enrekang, Muslimin Bando mengatakan, festival kanal untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya menjaga, memelihara kanal agar bersih dan indah.

Menurut dia, kanal memiliki potensi dari segi ekonomi, transportasi, sarana bermain anak dan tempat rekreasi baru seperti yang dilakukan di negara-negara Eropa.

"Kanal itu harus bersih, ini dalam kaitannya program MTR (Makassar Tidak Rantasa/Jorok) yang dicanangkan pak wali kota. Dari segi ekonomi, ini (kanal) bisa menjadi sarana transportasi sehingga akan menghasilkan sumber ekonomi warga," paparnya.

Melalui festival kanal ini akan menggugah seluruh perhatian elemen masyarakat dan aparat untuk menjaga kanal agar bersih dan indah.

Sementara Wali Kota Makassar Mohamad Ramdhann Pomanto mengapresiasi kegiatan tersebut karena akan menumbuhkan kesadaran warga menjaga kanalnya.

"Kita perlu sampaikan ke masyarakat, ini kanal banyak manfaatnya. Kalau bersih akan menjadi pariwisata baru dan menghadirkan pengunjung, dan dampaknya pada perekonomian warga," kata Danny.

Pasangan Syamsu Rizal menilai, selama ini kanal diasumsikan negatif. Olehnya itu asumsi itu harus diubah menjadi positif.

"Kami juga panitia panitia menyediakan acara hiburan musik pada saat kegiatan," usul Danny yang akan membuka kegiatan festival kanal seperti dilansir dari laman antaranews.