Garuda Di Dadaku; Diputar Di Festival Film ASEAN

Garuda Di Dadaku; Diputar Di Festival Film ASEAN

London, Kabarindo- Kedutaan Besar negara-negara ASEAN yang ada di Praha secara bersama menggelar Festival Film ASEAN (AFF), di bioskop terkenal dan tertua di Praha, Lucerna Cinema, dari tanggal 9 sampai 13 September mendatang.

Duta Besar RI Praha, Emeria W.A. Siregar, dalam keterangan pers di Ceko, mengatakan AFF 2014 merupakan yang ketiga kalinya diadakan di Praha, menurut Sekretaris III Penerangan dan Juru Bicara KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada ANTARA London, Sabtu.

AFF 2014 yang diikuti oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam, juga diselenggarakan sebagai perayaan Ulang Tahun yang ke-64 berdirinya ASEAN dan bertujuan mempromosikan nilai-nilai budaya dari negara-negara ASEAN di Republik Ceko.

Pemilihan film "Garuda di Dadaku", untuk diputar dalam AFF cukup beralasan. Film yang diproduksi tahun 2009 dengan sutradara Ifa Isfansyah tersebut mengambil tema yang menarik bagi publik Ceko, di mana sepak bola merupakan salah satu olahraga favorit.

Secara tematik, film tersebut juga merupakan variasi dari tema film-film yang tampil; Filipina menampilkan film animasi, Malaysia dengan crime drama, Thailand menyajikan film horor, dan Vietnam dengan film laga.

AFF yang pertama kali diadakan tahun 2012, merupakan hasil kerja sama lima Kedubes negara-negara ASEAN di Praha yang tergabung dalam ASEAN Committee in Prague (ACP). AFF yang memperoleh sambutan dari publik Ceko, dimana kapasitas Lucerna Cinema, sekitar 453 kursi selalu terisi penuh.

Atas prakarsa Indonesia, pada hari terakhir, akan diundi hadiah utama tiket PP Wina--Jakarta dan Wina ke salah satu ibukota negara-negara ASEAN tersebut, dengan menggunakan penerbangan China Airlines, sebagai salah satu sponsor resmi AFF 2014.

Selain pemutaran film, penonton juga disuguhi kuliner khas dari negara-negara ASEAN seperti dilansir dari laman antaranews.