Gembira Loka Zoo; Bangun Tiga Area Baru

Gembira Loka Zoo; Bangun Tiga Area Baru

Yogyakarta, Kabarindo- Pengelola kebun binatang Gembira Loka Zoo (GLZ) menyatakan bahwa segera mengembangkan pembangunan tiga area baru bagi hewan-hewan di kawasannya.

"Ada tiga area baru yang segera dibangun dalam waktu dekat," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Manager Marketing GLZ, Agnes Armi, saat ditemui di GLZ, Yogyakarta, Minggu seperti dilansir dari laman antaranews.

Menurut dia, rencana pembangunan tiga area baru tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan GLZ kepada masyarakat, sekaligus memberikan ruang memadai bagi hewan untuk merasakan suasana habitat aslinya.

Selain itu, ia mengemukakan, rencana pembangunan area baru tersebut juga sebagai bentuk inovasi GLZ dalam memberikan pengalaman baru bagi pengunjung dengan menghadirkan area beserta satwa baru.

Pertama, menurut dia, pembangunan Stratch Zone yang sedang dibangun tahun 2016 hingga 2018 mendatang. Stratch Zone merupakan area khusus mamalia karnivora seperti singa, harimau, macan dahan dan beruang madu.

Kedua, dinyatakannya, pembangunan Sentral Servis yang sedang dikerjakan pada 2016 hingga 2017 merupakan pusat pelayanan pengunjung yang terdiri atas poliklinik, toilet umum maupun bagi penyandang kebutuhan khusus (difabilel), halte transportasi keliling (taring), kuliner dan ruang laktasi.

Ketiga, menurut dia, pembangunan kandang onta pada 2017 bersuasana Timur Tengah dan dihiasi bangunan replika piramid.

Agnes menambahkan, sebagai bentuk pelayanan kepada pengunjung berusia lanjut dan kalangan berkebutuhan khusus, maka GLZ juga menyediakan kursi roda bagi yang membutuhkan.

Kebun Binatang Gembira Loka dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada 1933, dan saat itu diberi nama "Kebon Rojo" (kebun raja).