Group 3 Kopassus Gelar Reuni; Peringati 40 Tahun Penerjunan Di Kota Dili

Group 3 Kopassus Gelar Reuni; Peringati 40 Tahun Penerjunan Di Kota Dili

Cijantung, Jakarta, Kabarindo- Untuk mengenang 40 Tahun Penerjunan pasukan Kopassus di Kota Dili, hari ini Grup 3 Kopassus Angkatan Darat menggelar acara peringatan peristiwa tersebut.

Dimana momen bersejarah ini adalah operasi penyerangan tiga sasaran penting di Kota Dili, Timor Timur pada saat itu.

Mayjend TNI (purn) Ilyas Yusuf, Ketua Panitia Peringatan 40 tahun Penerjunan di Kota Dili pada awal sambutannya mengatakan bahwa hari ini genap 40 tahun adalah sejarah untuk mengenang peristiwa duhulu, dimana pasukan Grup 3 Kopassus melakukan penyerangan di Kota Dili dan acara ini merupakan kegiatan reuni, yang mana Jenderal (purn) Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia adalah salah satu pemrakarsa dalam acara ini, ujarnya.

Dilanjutkan dengan sambutan Danjen Kopassus Mayjen TNI Muhammad Herindra, yang pada kesempatannya Danjen mengatakan, peringatan ini adalah merupakan sejarah gemilang yang telah diukir para pendahulu Kopassus dan kami tidak menyia-nyiakan sejarah ini, dan sejarah ini tentunya sebagai semangat betapa tangguh dan keberanian pasukan Kopassus dalam melaksanakan tugas dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun, ujar Danjen. Dan peristiwa ini juga untuk memberikan semangat generasi lanjut dan penerus pasukan Kopassus, ujar Danjen lanjut sambil diiringi yel-yel semangat Grup 3 Kopassus.

Letjen TNI (purn) Soegito, yang pada waktu itu sebagai komandan Nanggala V mengungkapkan bahwa penyerangan kota deli saat itu adalah penyerangan dengan tiga target sasaran yakni pusat pemerintahan, pelabuhan dan bandara. Waktu itu penyerangan dilakukan dengan minim informasi, namun dengan kemampuan terlatih sebagai pasukan tempur Kopassus, kondisi dan situasi dapat diatasi. Hanya dengan waktu 3 jam pada saat itu, target tiga sasaran penting dapat tercapai dan dikuasai oleh Kopassus, ujarnya.

Luhut Binsar Pandjaitan yang hadir di acara tersebut dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pada momen itu sungguh sangat bersejarah, dimana kondisi dan situasinya memang benar-benar serba terbatas, tapi inilah perjuangan kami (Luhut, hening sejenak terharu mengingat situasi masa itu) dalam melaksanakan tugas negara dan mempertahankan kedaulatan negara Republik Indonesia, tuturnya di Gedung Chandracah Grup 3 Kopassus, 07/12/15.

Luhut B. Pandjaitan diakhir sambutannya beliau seraya berpesan agar Grup 3 Kopassus tetap kuat dan solid dalam melaksanakan tugas dan menjaga nama baik Kopassus, pungkasnya.
"Angkatan kami yang masih ada sudah tua-tua dan seiring waktu terus berjalan, tidak terasa sudah 40 tahun silam berlalu, dan sebagian dari kami sudah mendahului kami," ucapnya mengenang peristiwa yang dilakukan oleh Grup 3 Kopassus saat itu.
Acara peringatan ini dihadiri para purnawirawan dan ratusan jajaran pasukan Grup 3 Kopassus Angkatan Darat.