Hari Anak Nasional (HAN) 2014; Di Bulan Suci Ramadhan

Hari Anak Nasional (HAN) 2014; Di Bulan Suci Ramadhan

Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kabarindo- Ada yang menarik dari perhelatan Hari Anak Nasional tahun ini.

Yah, hari ini memasuki 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan.

Walau peringatan secara nasional 6 Agustus 2014 bersama Presiden RI SBY dan menterinya serta KPAI tentu saja.

Redaksi sore tadi mendapati beberapa pernyataan resmi dari Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia-KPAI, Asrorun Niam Sholeh.

"Mari jadikan etos Ramadhan sebagai momentum untuk meneguhkan solidaritas sosial, peduli anak-anak jalanan, melindungi dan memenuhi hak anak-anak yang terpinggirkan secara sosial sehingga sulit mmperoleh akses kesehatan dan akses pendidikan," paparnya lugas.

Asrorun meminta kita semua sebagai orang tua mengajarkan kepada anak-anak tentang ketaatan beragama melalui puasa meski sekedar latihan. Jelaskan pada mereka hikmah penting Ramadhan agar tercipta empati dan kesetiakawanan.

Ia pun meminta dari angka kecelakaan yang tinggi di arus mudik dan berkenaan dengan itu bertepatan dengan HAN, KPAI menegaskan akan eksistensi anak-anak sebagai kelompok rentan. Untuk itu, KPAI mengajak untuk kerahkan sumber daya untuk wujudkan Mudik Ramah Anak agar mudik jadi nyaman dan aman.

HAN sambut hari Idul Fitri adalah momentun agar anak-anak diberi keteladanan untuk membangun persaudaraan.

"Silaturrahmi dengan orang tua, keluarga dan handai taulan, berbuat baik dengan teman, saling memberi permaafan, menguatkan tali persaudaraan serta tidak mencontohi anak-anak dengan dendam dan permusuhan. Momentum HAN tahun ini yang bertepatan dengan hadirnya presiden baru. Saatnya masyarakat menunggu komitmen dan janji kampanye menjadi nyata yaitu wujudkan perlindungan hakiki bagi anak Indonesia, manjamin pemenuhan hak dasar mereka dan melindungi mereka dari diskriminasi serta terhindar dari eksploitasi dan kekerasan," tutupnya semangat.


Salam Senyum Anak Indonesia............!