Hari Bebas Kendaraan; Kurangi Pencemaran Kota Bogor

Hari Bebas Kendaraan; Kurangi Pencemaran Kota Bogor

Bogor, Kabarindo- Pemberlakukan car free day memang masih terbatas karena baru berlangsung di Jalan Jalak Harupat, tetapi merupakan sebuah awal yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga Kota Bogor untuk menghirup udara pagi yang segar dan sehat.

Itu adalah keterangan persnya di Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/5) kemarin seperti dilansir dari laman MIcom.

Di samping itu, kata dia, sekaligus komitmen untuk terus mengurangi tingkat pencemaran udara di Kota Bogor yang padat dengan kendaraan selama sepekan.

Ia menjelaskan, kebiasaan bersepeda sangat penting, karena akan menekan tingkat pencemaran udara.

"Sehingga suasana pagi Kota Bogor akan menawarkan kesejukan akan bisa dipertahankan dalam jangka panjang," katanya.

Menurut dia, harapan untuk merasakan kesejukan pagi Kota Bogor itu pula yang mendorong Pemerintah Kota Bogor bersama Kepolisian Resort Bogor Kota untuk mencanangkan program "car free day" ini.

Bersama Wali Kota Bogor Diani Budiarto, Edang M Kendana berbaur bersama sekitar 350 peserta yang tergabung dalam Komunitas Bike To Work atau bersepeda bersama, yang digelar dalam rangkaian memperingati Hari Jadi ke-530 Bogor.

Kegiatan yang dikemas dengan sebutan "Gowel Bogor Sasareungan Ngariung Bersepeda Bogor" tahun 2012 mengambil start di Perumahan Pakuan Hill Tajur Kota Bogor Minggu (27/5/ lalu.

Ketua panitia, Ahmad Fikri mengatakan, kegiatan tersebut pada tahun 2012, adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan.

"Kegiatan tahunan itu juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi, selain berolahraga bersama," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Diani Budiarto berharap acara yang diselenggarakan Komunitas Bike To Work Bogor itu merupakan kampanye untuk mengajak lebih banyak masyarakat agar membiasakan diri dalam melakukan olahraga.