IFI Tampilkan Permainan Gitaris Prancis; Thibault Cauvin

IFI Tampilkan Permainan Gitaris Prancis; Thibault Cauvin

Surabaya, Kabarindo- Institut Francais Indonesia (IFI), pusat kebudayaan Prancis Surabaya, menggelar pertunjukan musik yang menampilkan permainan gitaris muda asal Prancis, Thibaut Cauvin (baca: Thibo Kuvang), di Hotel Sheraton pada Selasa (22/5) malam.

Acara dibuka dengan penampilan De Lossae Quartett, sebuah kelompok dari komunitas gitar Surabaya. Selain di Surabaya, Thibault juga tampil di Balikpapan, Semarang, Jogja dan Jakarta. Tur-nya akan berlanjut ke Vietnam dan Kamboja.

Dalam penampilan di Surabaya, Thibault memukau audiens dengan permainan gitar klasiknya. Jemarinya lincah memetik dawai – dawai gitar yang membuat kagum audiens dan memberikan aplaus. Ia memainkan sejumlah komposisi yang terinspirasi oleh kota – kota yang pernah dikunjungi.

“Saya beruntung dan senang dapat berkeliling dunia sejak remaja. Tampil dari konser ke konser. Banyak kota yang telah saya kunjungi, yang berkesan di hati saya. Saya terjemahkan kota – kota itu ke dalam musik,” tuturnya.

Thibault (27 tahun) memiliki bakat luar biasa. Berasal dari keluarga musisi, Thibault belajar gitar sejak usia 6 tahun dari ayahnya. Setelah menyelesaikan studinya di konservatori Bordeaux dan Paris, ia mengikuti banyak kompetisi internasional.

Pria tampan bermata coklat ini memiliki sederet prestasi internasional. Pada usia 20 tahun, ia menjadi satu – satunya gitaris di dunia yang memenangkan 13 penghargaan internasional. Ia berkeliling dunia sepanjang tahun dan telah mengadakan lebih dari 800 konser di lima benua.

Thibault menghadiri berbagai festival, juga diundang berbagai konservatori dan universitas untuk mengajar atau menjadi juri kompetisi. Ia telah berkerja sama dengan banyak musisi, komposer dan simfoni orkestra terkenal. Selain memainkan karya musisi lain, ia juga membuat aransemen musik.

Pria kelahiran Bordeaux ini sudah merilis empat album yang akan segera disusul album kelima, Cities. Album keempatnya berjudul No 4 dirilis pada 2009 oleh rumah produksi Amerika, GSP San Fransisco, meraih sukses. Album ini berisi musik modern yang mendapat sentuhan pengaruh dari berbagai aliran musik sehingga memberikan dimensi baru pada gitar.

Thibault juga baru saja meluncurkan DVD film dokumenter Across China –Thibault Cauvin yang diproduksi Nicolas Pierre Morin ketika melakukan tur di Cina.

Ia menuturkan, gitar merupakan bagian hidupnya yang tak terpisahkan. Dengan gitar, ia akan terus berkeliling dunia dan berkarya.