IIMS 2016 Lebih Seru Gandeng BIMS; Makin Optimis

IIMS 2016 Lebih Seru Gandeng BIMS; Makin Optimis

Jakarta, Kabarindo- Jadwal penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 telah ditetapkan pada 8-17 April.

Maju empat bulan dari sebelumnya. Praktis hanya tersedia waktu 8 bulan persiapan. Meski begitu Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimistis mampu menghelat IIMS 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, lebih semarak dari edisi 2015 pada Agustus lalu.

“Sekarang ini praktis lebih mudah dalam persiapannya karena kami sudah punya basis konsep The Essence of Motor Show, konsep yang baru digulirkan pada IIMS 2015 lalu. Konsep itu terus dijalankan tahun depan, tentunya dengan beberapa penguatan berdasarkan evaluasi 2015,” kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Panggung utama IIMS 2016 tetaplah pameran mobil dan motor terbaru dari berbagai APM atau brand. Karena itu pemilihan penyelenggaraan pada April dinilai sangat tepat karena banyak sekali produk otomotif yang dilansir pada awal-awal tahun. Dengan kepastian jadwal IIMS pada April maka terbuka kemungkinan produsen untuk me-launching produk barunya bertepatan dengan pameran otomotif terbesar di Indonesia ini.

“Selama ini banyak produk baru yang keluar di awal tahun. Para produsen ini butuh wacana untuk berinteraksi langsung dan mendalam dengan konsumen. Wacana itulah yang ingin kami sediakan lewat IIMS. Bahwa setelah April ada pameran lanjutan, memang begitu sebaiknya untuk mengimbangi perkembangan otomotif yang memang sangat cepat,” lanjut Hendra.

Seperti konsep penyelenggaraan 2015, Hendra memastikan sekitar 50-an acara pendukung akan tetap ditampilkan guna menarik sebanyak-banyaknya pengunjung. Sebagian besar acara pendukung edisi 2015 tetap dilanjutkan dan tentunya dengan pembenahan tertentu agar lebih sukses dari tahun ini. Sebagain acara lain dihapuskan namun sudah tersedia program baru sebagai penggantinya. Ia yakin jika pengunjung melimpah maka potensi transaksi lebih terbuka dan itulah yang diharapkan para peserta pameran. Sebaliknya buat pengunjung, selain mendapatkan produk yang diinginkan juga bisa menikmati berbagai pelengkap acara selama pameran.

“Intinya tetap seperti penyelenggaraan 2015. Kegiatan utama adalah pameran mobil dan motor berikut semua industri terkaitnya, namun juga semarak dengan acara pendukung yang edukatif dan menghibur sehingga IIMS layak jadi tujuan wisata keluarga.”

Hendra juga menjabarkan kerjasama dengan GPI (Grand Prix International) Thailand yang telah dimulai pada 2015 akan ditingkatkan pada edisi 2016. Penyelenggara Bangkok International Motor Show (BIMS) itu akan terlibat lebih intensif dalam persiapan dan penyelenggaraan 2016. Seperti diketahui, BIMS adalah salah satu pameran otomotif terbaik dunia dan penyelenggaraan tahun ini menyedot 1,4 juta pengunjung. Chairman GPI Dr. Prachin Eamlumnau sendiri hadir di IIMS 2015 dan bersama timnya kemudian membahas berbagai hal untuk persiapan IIMS 2016.

Pengalaman GPI  sudah puluhan tahun di bisnis pameran otomotif. Banyak hal yang bisa Dyandra adopsi dan terus dikembangkan agar event 2016 lebih dahsyat dari tahun ini. Dengan populasi kendaraan di Indonesia yang sangat besar, Dr. Prachin malah berkeyakinan IIMS nantinya bisa meraup sejuta pengunjung dengan cara mengembangkan seluruh content yang bakal disajikan IIMS.

“Angka sejuta itu dari beliau dan kita aminkan saja, mungkin feeling bisnis beliau yang berkata demikian. Yang utama buat Dyandra adalah menghelat pameran otomotif terbesar dan terlengkap di Indonesia seperti selama ini, sekaligus menjadi destinasi wisata di Jakarta sebagaimana dicanangkan Pemprov DKI lalu. Kalau tahun depan atau mungkin tahun depannya lagi baru bisa meraup sejuta pengunjung, itu barulah sebuah harapan. Kami belum pancang target begitu,” tandas Hendra dari rilis yang diterima redaksi.