ITS Juara Umum; Kontes Jembatan Internasional

ITS Juara Umum; Kontes Jembatan Internasional

Surabaya, Kabarindo- Satu dari tiga tim kontingen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menjadi juara umum dalam UTM (Universiti Teknologi Malaysia) Bridge Model Competition 2017 di Johor, Malaysia.

Tim Suro-Boyo dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS) Fakultas Vokasi ITS mengungguli 150 peserta dari berbagai negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand dan Indonesia sendiri.

“Tim ini pulang dengan memboyong juara 1 kategori Jembatan Teringan dan Terkuat serta juara 1 kategori Presentasi,” ujar Kepala DTIS, Dr.Machsus ST MT, pada Selasa (4/4/2017).

Salah satu supervisor tim, Afif Navir Refani ST MT, mengatakan kemenangan tersebut merupakan buah kerja sama tim yang solid, hasil kerja keras serta aplikasi keilmuan dari perkuliahan secara nyata. Juga berkat pengujian yang dilakukan beberapa kali sebelum berlaga, sehingga tim dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan.

“Tim ini sudah mempersiapkan diri sejak November lalu, saat pendaftaran dan tahap seleksi proposal,” ujarnya.

Strategi lain dibeberkan oleh Fathirul Rachman, salah seorang anggota tim Suro-Boyo. Tim Suro-Boyo tampil beda dari yang lain, percaya diri presentasi dalam presentasi, nyentrik dan mantap mengenakan baju dan topi khas daerah Madura. Hal ini menjadi nilai tambah bagi timnya.

“Banyak yang terkesan pada penampilan kami dalam presentasi kemarin,” ujarnya.

Tampilan unik tersebut merupakan ide dari pembina tim, Ridho Bayuaji PhD. Pemilihan kostum yang mengusung budaya Indonesia menunjukkan ITS menjunjung kebudayaan Indonesia.