ITS; Siap Laksanakan Status PTNBH

ITS; Siap Laksanakan Status PTNBH

Surabaya, Kabarindo- Langkah ITS menjalankan statusnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) kini semakin mantap.

Hal ini karena statuta ITS sebagai PTNBH telah disetujui dan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Juli 2015.

Penandatanganan statuta ini mengawali berbagai perubahan struktur organisasi di kampus ITS dari yang sebelumnya berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU) menjadi PTNBH.

Rektor ITS, Prof. Ir. Joni Hermana MScES PhD, mengatakan sejak diresmikan menjadi PTNBH pada Desember 2014, ITS diberi waktu dua tahun untuk menjalankan masa transisi dari PTNBLU ke PTNBH. Hal pertama yang dijalankan dalam transisi ini adalah pembentukan statuta yang akan menjadi haluan jalannya organisasi di ITS.

“Dengan ditandatanganinya statuta tersebut, ITS mulai bergerak menjalankan perubahan organisasi,” ujarnya pada Senin (10/8/2015).

Dengan menjadi PTNBH, ITS akan mengalami banyak perubahan, diantaranya manajemen keuangan, peraturan yang lebih bebas hingga transformasi struktur organisasi. Struktur oganisasi yang akan berubah ditandai dengan dibentuknya senat akademik hingga Majelis Wali Amanah (MWA).

Joni menerangkan, pembentukan senat akademik merupakan gerakan transisi pertama ITS menuju PTNBH setelah dilakukan pemilihan wakil rektor. Jika sekarang hanya ada senat, nanti senat akan bekerja seiring dengan senat akademik.

Senat akademik akan khusus mengurus masalah akademik saja. Hal ini karena sebagai PTNBH, ITS memiliki wewenang penuh untuk mengurus kebijakan ademiknya, termasuk membuka atau menutup program studi. Sedangkan senat lainnya akan mengurus masalah peraturan ITS di luar akademik seperti kerja sama atau pemasukan kampus.

ITS juga akan mengubah berbagai organisasi dan harus mulai menjalankan peraturan perihal manajemen keuangan kampus, karena PTNBH harus mampu mengelola keuangannya secara mandiri.

Namun menurut Joni, ITS masih punya waktu hingga Desember 2016 untuk melakukan transisi. Hingga saat ini, ITS telah menjalankan setengah masa transisi. Selama masa transisi, ITS masih diperkenankan untuk menjalankan program PTNBLU. Namun setelah Desember 2016, ITS sudah harus penuh menjalankan statuta PTNBH.