IYOS Festival 2015; Kembali Digelar

IYOS Festival 2015; Kembali Digelar

Cibubur, Jakarta, Kabarindo- Masih dalam rangka menyambut Asian Games 2018 yang akan datang, Indonesia Youth and Sport Festival (IYOS) 2015 kembali menggelar kegiatan/event yang menjadi perhatian dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang olah raga nasional.

Dan acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan 'Road to Asian Games 2018' yang akan mengikutsertakan anak-anak muda yang selain mempunyai bakat juga memiliki kemampuan untuk bisa ikut berkompetisi di ajang IYOS Festival 2015 ini.

Pada paparannya, Yefi Triaji, sebagai Manager Pelatnas Taekwondo Indonesia mengatakan, "Festival IYOS ini merupakan ajang pembinaan bibit bibit muda khususnya anak-anak usia dini untuk bisa ikut serta dalam berkompetisi dan berprestasi," ujarnya di ruang Konferensi pers Gedung GOR PP PON Cibubur, Jakarta Timur, 16/12/2015.

Ajang Indonesia Youth and Sport Festival yang digagas masyarakat dan diselenggarakan oleh masyarakat ini adalah kegiatan multi event yang sifatnya untuk membina dari sejak dini anak-anak muda dalam bidang olah raga, dan mencoba memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang cabang-cabang olah raga nasional yang ada di Indonesia.

Awalnya kegiatan IYOS ini merupakan inisiasi dari mantan olahragawan yang ingin mencari bibit bibit olahragawan dan disamping itu memiliki tujuan yang tidak lain dan tidak bukan untuk memajukan olahraga serta keinginan dari para mantan Olahragawan untuk berbuat yang terbaik bagi olahraga Indonesia. "Kami ingin memberikan yang terbaik dan sumbangsih kepada negara dengan membina dan berusaha mencari serta mencetak bibit bibit muda untuk turut serta mewujudkan olahraga Indonesia yang maju dan berprestasi," tutur Yefi Triaji, selain sebagai Manager Pelatnas Taekwondo Indonesia, beliau juga mantan juara peraih  medali Perak pada event Asian Games X, 1986 di Seoul, Korea Selatan, dan peraih medali perunggu di Olimpiade Bercelona tahun 1992.

Sesuai dengan rencana, ajang IYOS Festival yang digelar pada akhir tahun 2015 ini akan mengkompetisikan delapan cabang olahraga, yaitu: Taekondow, Sepakbola, Handball, Futsal, Binaraga, Panahan, Karate, dan Basket, jelas Amarta Imron, selaku Ketua Pelaksana Harian IYOS Festival 2015 dihadapan rekan-rekan media sore ini. Dan sudah ada kurang lebih ribuan peserta yang akan mengikuti ajang kompetisi ini, ungkapnya.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 23 Desember 2015 mendatang.

Sesuai data dari pihak panitia, adapun susunan acara yang akan digelar pada tanggal 19 Desember 2015 dan akan dimulai pukul 08.40 WIB hingga pukul 12.00 WIB, meliputi diantaranya acara sambutan serta pembukaan dari Menpora R.I dan penyerahan Plakat kepada penggagas acara IYOS.

Perhelatan olah raga dari masyarakat yang digagas oleh IYOS ini adalah yang kedua kalinya di gelar di Gedung GOR PP PON, Cibubur, Jakarta Timur. Dan kegiatan ini didukung oleh Pusat Pemberdayaan Pemuda & Olahraga Nasional (PP-PON) Kementerian Pemuda dan Olahraga.
 
Ajang kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi serta turut menggerakkan dan menggalakkan berbagai bidang olah raga di masyarakat, khususnya anak-anak muda supaya sejak usia dini mereka sudah bisa mengenal bahkan sampai berprestasi dalam kemampuan dan berkompetisi.
"Untuk mencreate seorang atlet harus dari usia dini, agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang optimal," ujar Yefi Triaji.

Kita akan sosialisasikan kegiatan ini di tiap daerah daerah dan masyarakat luas, agar dapat menjadi kegiatan yang mempunyai karakter, nilai dan jenjang prestasi yang lebih luas, tutur Bahari Siregar, salah satu panitia kegiatan tersebut saat menjawab pertanyaan dari rekan media.