Indocomtech 2013; Masih Menjadi Magnet Masyarakat

Indocomtech 2013; Masih Menjadi Magnet Masyarakat

Jakarta, Kabarindo– Indocomtech 2013 yang digelar sejak Rabu (30/10/13) secara resmi telah ditutup pada Minggu (3/11/2013) malam. Sejak hari pertama, pameran terbesar di bidang Information and Communication Technology (ICT) ini telah menarik perhatian para pencinta ICT Indonesia. Mereka yang hadir di hari pertama gelaran Indocomtech 2013 tidak saja datang untuk melihat produk-produk yang ditampilkan namun juga untuk bertransaksi. Catatan panitia menunjukkan bahwa pada hari pertama saja pameran ini berhasil menarik puluhan ribu pengunjung, hal ini membuktikan bahwa ICT masih menebarkan daya tarik tersediri bagi masyarakat.

Dalam sambutannya pada pembukaan Indocomtech Rabu lalu (31/10/2013), Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Syukri Batubara, mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi untuk bisa mengembangkan industri ICT tanah air adalah bagaimana mengembangkan kedewasaan dan kemampuan pengguna ICT lokal di Jakarta. Ia menambahkan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang mendukung perkembangan industri ICT di Indonesia, termasuk melalui pameran seperti Indocomtech 2013. Melalui ajang pameran seperti ini masyarakat bisa melihat berbagai perkembangan terbaru industri ICT nasional dan global baik melalui produk-produk terbaru maupun teknologi yang diusung.

Berkontribusi Positif Bagi Industri ICT
Besarnya minat masyarakat akan gadget canggih juga didukung oleh meningkatnya penetrasi Internet di Indonesia. Sampai saat ini tingkat penetrasi Internet di Indonesia telah mencapai 55 juta pengguna dan diperkirakan jumlahnya akan menjadi 80 juta pengguna pada akhir tahun ini. Dari seluruh pengguna tersebut, tidak sedikit yang mengakses Internet menggunakan perangkat selular atau perangkat mobile mereka. Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika memperlihatkan bahwa jumlah telepon selular yang beredar di Indonesia telah mencapai 220 juta.

Beberapa booth peserta yang menawarkan berbagai merek tablet dan smartphones dengan harga miring pun terus ramai dikunjungi oleh para pengunjung hingga hari terakhir pameran. Hal ini sejalan dengan apa yang dilontarkan oleh perwakilan dari Dewan Pembina Yayasan Apkomindo, Rudi Rusdiah, pada saat acara pembukaan Indocomtech 2013. Dalam sambutannya ia menyatakan bahwa pasar ICT Indonesia utamanya didominasi oleh smartphone dan tablet.

Indocomtech 2013 secara tidak langsung ikut berperan dalam meningkatkan industri ICT tanah air dengan menjadi ajang yang memperkenalkan teknologi terkini yang tertanam dalam berbagai merek dan tipe gadget. Tidak hanya itu Indocomtech 2013 juga berkontribusi kepada sektor ekonomi dengan banyaknya transaksi berbagai gadget dan berbagai aksesoris pendukung ICT yang juga banyak diminati pengunjung, seperti  modem dan power bank.

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar bagi pasar ICT untuk terus bertumbuh. Banyaknya pasar yang belum digarap menjadi peluang bagi para pemain industri ICT, baik lokal maupun global, untuk terus mengembangkan pasar ICT Indonesia. Saat ini konsentrasi terbesar masih berada di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali sementara kota-kota lain di luar itu masih sangat mungkin untuk lebih dikembangkan lagi.

Tidak hanya lewat Indocomtech 2013, pameran Jakarta Game Show (JGS) 2013 yang berlangsung besamaan juga memberikan kontribusi tersendiri bagi industri gaming Indonesia lewat berbagai rangkaian kompetisi liga game online internasional yang berlangsung didalamnya. Pada hari terakhir penyelenggaraan pameran, final dari rangkaian liga game online tersebut telah berlangsung dan para pemenang yang akan mewakili Indonesia di kompetisi internasional pun telah dinobatkan.

Apresiasi kepada Pengunjung
Sampai dengan hari terakhir kemarin (3/11/2013), tercatat sejumlah total 230.789 pengunjung yang memadati area pameran Indocomtech dan JGS 2013. Dengan nilai transaksi yang terjadi sepanjang lima hari penyelenggaraan pameran mencapai Rp. 635.500.000.000,-. Pencapaian yang membanggakan mengingat angka yang tercatat tidak hanya sesuai target yang dilontarkan oleh Bambang Setiawan, Chief Operational Officer Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran, di awal pembukaan Indocomtech 2013, namun bahkan melampauinya.

Sebagai apresiasi kepada para pengunjung yang telah meramaikan pameran Indocomtech 2013, pihak panitia menggelar Doorprize berupa Acer Notebook E1, Printer Fuji Xerox, Tiket pesawat Garuda Indonesia detinasi Jakarta – Denpasar (return), smartphone Oppo, Tablet Speed Up, dan dua buah unit Yamaha Mio Fino. Pengundian pemenang dilakukan di panggung utama Hall B, JCC dan dihadiri oleh perwakilan Dinas Sosial, Kementerian Sosial, Kepolisian, Notaris serta Manager IT Division Dyandra Promosindo, Dwi Putri Winahyu. Para pemenang undian Doorprize pameran Indocomtech 2013 kali ini dapat dilihat di website resmi Indocomtech 2013, www.indocomtech.net

Pada kesempatan tersebut Dwi Putri Winahyu mewakili penyelenggara mengungkapkan apresiasinya kepada para pengunjung, “Apresiasi tertinggi kami untuk para pengunjung setia Indocomteh serta JGS 2013 yang telah menyempatkan waktunya menghadiri perhelatan pameran di tahun ini,” Ujar Wina. Ia juga menyatakan terima kasihnya atas dukungan para peserta yang telah berpartisipasi di ajang Indocomtech 2013. Wina berharap kerjasama antara Dyandra Promosindo, Apkomindo dan para peserta akan terus terjalin di masa mendatang sebagai bagian dari upaya pengembangan industri ICT tanah air.