Indonesia Dukung Jepang; Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020

Indonesia Dukung Jepang; Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020

Jakarta, Kabarindo- Pemerintah Republik Indonesia secara resmi mendukung Jepang sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2020.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara langsung menyampaikan dukungan Indonesia itu saat bertemu Wakil Presiden Partai Liberal Demokratik (Liberal Democratic Party/LDP) Jepang Masahiko Koumura di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8).

"Bapak Presiden menyatakan dukungan Indonesia atas upaya Jepang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020," kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha usai mendampingi Presiden pada pertemuan itu.

Presiden, kata Julian, melalui Koumura mengharapkan agar Jepang dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam penyelenggaraan Olimpiade 2020.

Sejak menjalin hubungan diplomatik pada 55 tahun lalu, Jepang tampil sebagai salah mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi.

"Presiden dalam kapasitas sebagai kepala negara mendukung upaya Jepang untuk meningkatkan hubungan lebih luas di bidang kebudayaan, pendidikan, pariwisata, teknologi,dan lainnya. Selama ini, Indonesia-Jepang telah menjalin hubungan kerja sama yang lebih baik di bidang ekonomi," kata Julian seperti dilansir dari laman beritasatu.

Saat ini, Tokyo bersaing ketat dengan Madrid (Spanyol) dan Istanbul (Turki) untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Saat ini, IOC menilai Tokyo berpeluang besar menjadi tuan rumah Olimpiade. Sebab, Turki dianggap memiliki masalah di bidang keamanan dan Madrid terlilit persoalan ekonomi.