Indonesia Gilas Laos; Menang Mutlak 3-0

Indonesia Gilas Laos; Menang Mutlak 3-0

Jakarta, Kabarindo - Timnas Indonesia U-23 menggelontor Timnas Laos tiga gol tanpa balas dalam 90 menit pertandingan pada MNC Cup 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis.

Tiga gol dari timnas yang dipersiapkan untuk SEA Games 2013 Myanmar ini diciptakan oleh Ramdani Lestaluhu menit 43, Andik Vermansyah menit 75 dan Alvina Tuasalamony menit 78. Dengan kemenangan ini timnas berada dipuncak klasemen sementara dengan tiga poin.

Timnas Garuda Muda yang turun dengan formasi terbaik ternyata bukan jaminan langsung memberikan tekanan kepada lawan. Justru Laos langsung mengancam pertahanan anak asuh Rahmad Darmawan itu.

Gawang Kurnia Meiga langsung terancam pada menit tiga setelah Mahati Lestusen menjatuhkan pemain Laos dikotak pinalti. Beruntung tendangan Soukaphone Waenvongsoth masih melebar disisi kiri gawang timnas.

Dua menit berselang ancaman dari Laos kembali datang. Sopha Saysana mampu menerobos pertahanan Indonesia yang dimotori Andri Ibo. Untung saja tendangannya masih melenceng disis kiri gawang Kurnia Meiga.

Terus ditekan, timnas yang dipersiapkan untuk SEA Games 2013 Myanmar berusaha bangkit. Andik Vermansyah yang didukung Alvin Tuasalamony terus menekan. Hanya saja upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil.

Peluang emas bagi Indonesia terjadi peda menit 31. Berawal tendang bebas Ferinando Pahabol, Alvin Tuasalamony nyaris memecah kebuntuan. Hanya saja sundulannya masih sedikit melenceng disisi gawang Laos.

Tekanan demi tekanan terus dilakukan Sunarto dan kawan-kawan. Akhirnya Ramdani Lestaluhu mampu memecah kebuntuan setelah menciptakan gol pada menit 43 setelah mendapatkan umpan terukur dari Andik Vermansyah.

Mampu unggul membuat anah asuh Rahmad Darmawan bersemangat. Hanya saja hingga babak pertama usai tidak ada penambahkan gol.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia bermain lebih gesit. Rizky Pellu yang menjadi jenderal lapangan tengah sering melakukan penetrasi dan sering merepotkan barisan pertahanan Laos.

Tingginya frekuensi serangan membuat Indonesia nyaris menggandakan kedudukan pada menit 56 lewat Sunarto. Hanya saja sundulan pemain Arema Indonesia hanya tipis diatas mistar gawang Chintaba Souksavath.

Upaya untuk menambah jumlah gol baru bisa tercipta pada menit 75. Berawal gocekan Ferinando Pahabol, Andik Vermansyah mampu menciptakan gol yang indah dari luar kotak pinalti. Gol ini membuat suporter tuan rumah bersorak.

Masuknya Fandi Eko Utomo menggantikan Sunarto dan Dedi Kusnandar menggantikan Egi Melgiansyah membuat pola serangan lebih variatif. Terbukti tiga menit berselang giliran Alvian Tuasalamony yang mencatatkan namanya dipapan skor. Indonesia-pun unggul 3-0.

Menjelang akhir pertandingan serangan timnas tidak kendur. Umpan dari kaki ke kaki terus dilakukan. Hanya saja hingga babak kedua usai tidak ada penambahkan gol. Tuan rumah Indonesia tetap unggul 3-0 atas Laos.

Susunan pemain Timnas Indonesia : Kurnia Meiga (pg), Diego Michiels/Roni Esar, Manahati Lestusen/kk, Andri Ibo, Alvin Tuasalamony, Egi Melgiansyah/Dedi, Rizky Pellu, Ramdani Lestaluhu/Oktovianus Maniani, Ferinando Pahabol/Syakir Sulaiman, Andik Vermansyah/Bayu Gatra dan Sunarto/Fandi Eko.

Adapun pemain Laos : Chintana Souksavath (pg), Khampoumy Hanevilay (k), Ketsada Souksavanh, Khonesavanh Sihavong, Chanthaphone Waenvongsoth/Vilayout, Sopha Saysana/Khouanta, Soukaphone Vongchiengkham, Phoutdavy Phommasane, Phatthana Syvilay, Sengdao Inthilath/kk dan Manolom Phomsouvanh.

Sementara itu dipertandingan pertama MNC Cup, Timnas Maladewa menang tipis 1-0 dari Timnas Papua Nugini. Gol kemenangan Maladewa itu dicetak oleh Ali Fasir pada menit 37. Pada pertandingan kedua Maladewa akan menghadapi Laos dan Papua Nugini menghadapi Indonesia seperti dilansir dari laman antaranews.