Indonesia Punya Portal Matamassa; Siap Awasi Pemilu 2014

Indonesia Punya Portal Matamassa; Siap Awasi Pemilu 2014

Bekasi, Kabarindo- Panitia Pengawas Pemilu Kota Bekasi, Jawa Barat, memanfaatkan program publik berbentuk aplikasi "online" www.matamassa.org sebagai salah satu acuan pengawasan pelaksanaan pemilihan umum.

"Matamassa merupakan inisiatif komunitas warga yang patut kita apresiasi. Walaupun hanya menunjukkan angka kasus, tapi ini memperlihatkan sikap proaktif warga," kata Ketua Panwaslu Kota Bekasi, Machmud Permana, di Bekasi, Jumat (28/3).

Menurut dia, program yang digagas Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan iLab itu turut dijadikan data dan dokumen Panwaslu terkait sejauh mana pelanggaran Pemilu terjadi di Kota Bekasi.

AJI adalah organisasi profesi jurnalis yang menaruh perhatian pada isu kebebasan pers, kebebasan berekspresi, keterbukaan, dan tranparansi informasi.

Sedangkan iLab adalah organisasi nonprofit di bidang pengembangan dan riset teknologi untuk membantu kegiatan-kegiatan sosial, mendukung transparasi sebagai penguatan hak akses pada informasi serta memberikan dukungan teknis terhadap upaya pelestarian lingkungan untuk perubahan sosial.

Aplikasi tersebut tidak hanya memuat sejumlah gambar foto terkait pelanggaran-pelanggaran pemilu di Jabodetabek, tapi juga komentar masyarakat yang membacanya.

"Laporan yang masuk dari masyarakat ke aplikasi tersebut langsung dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bahkan kita juga memanfaatkannya sebagai dokumen serta penghimpunan data pelanggaran," katanya.

Dia berharap Matamassa dapat menjadi mata bagi jajaran Panwaslu di daerah dalam memperluas dan memperkuat pengawasan tiap tahapan Pemilu.

Menurutnya, peran aktif masyarakat tidak hanya membantu proses pengawasan pemilu, namun juga dapat memberikan efek jera terhadap setiap pelanggarnya.

"Masyarakat sekarang sudah tidak bisa lagi dibodohi. Ini akan menimbulkan ketakutan terhadap caleg-caleg yang akan melakukan pelanggaran," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.